JAKARTA, HETANEWS.com - Swiss mengamankan poin penuh saat menghadapi Kamerun pada matchday pertama Grup G Piala Dunia 2022 Qatar di Stadion Al Janoub, Kamis (24/11/2022) sore WIB. Swiss bermain dengan tempo cepat di babak kedua dan berhasil memimpin 1-0 melalui gol Embolo.

Swiss mendominasi penguasaan bola di menit-menit awal. Kamerun membiarkan lawan mereka menguasai bola di area pertahanan sendiri dan tidak mencova menekan kecuali ada ancaman yang datang ke sepertiga akhir.

Peluang besar bagi Kamerun terjadi di menit ke-10 saat Mbeumo menerobos ke kiri kotak, mengabaikan Choupo-Moting di tengah dan memilih untuk menembak langsung ke tiang dekat tapi upayanya dapat ditepis kiper. Toko-Ekambi menyambar bola rebound tapi terlalu tinggi dari sasaran.

Di menit ke-23, Kamerun bergerak maju melalui Mbeumo yang menerima bola dari Anguissa. Ia berhasil mengecoh pemain belakang Swiss dan mengembalikan bola kepada Anguissa. Penguasaan bola dialihkan ke Ekambi di sebelah kiri tapi percobaan umpan silangnya diblokir.

Kedua tim sama-sama memanfaatkan winger masing-masing. Ekambi dan Mbeumo menerobos untuk Kamerun dan di pihak Swiss ada Vargas dan Shaqiri melakukan pekerjaannya dengan lebih banyak memberikan umpan silang ke dalam kotak.

Kerjasama yang baik dilakukan Mbeumo dan Choupo-Moting di menit ke-30. Mereka bermain satu-dua, Mbeumo kemudian mengoper bola ke Hongla yang berlari dari kanan tapi Sommer berhasil memblokir usahanya dilanjutkan dengan Widmer menyapu bola keluar.

Di menit ke-40 Castelletto melakukan penyelamatan penting untuk menggagalkan peluang Embolo. Embolo tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Onana tapi bek Kamerun datang untuk mengalihkan bola keluar untuk tendangan gawang.

Tidak ada peluang yang berhasil dikonversi menjadi gol oleh kedua tim. Skor bertahan 0-0 hingga turun minum.

Swiss bergerak dengan cepat di babak kedua. Kurang dari tiga menit mereka berhasil memimpin pertandingan. Umpan silang sempurna dari Shaqiri mengarah kepada Embolo di mulut gawang Kamerun. Striker tersebut dengan mudah menyarangkan bola ke gawang untuk membawa Swiss unggul 1-0.

Kamerun mendapatkan peluang di menit ke-58. Itu tercipta saat Choupo-Moting bermanuver menusuk ke area kotak penalti Swiss. Namun jalurnya untuk memberikan umpan ke tengah tertutup oleh pemain belakang Swiss. Ia memutuskan untuk menembak dari sudut sempit dan berhasil diblokir kiper.

Tiga menit berselang, Choupo-Moting kembali menunjukkan skill individu untuk menerobos pertahanan Swiss dari serangan balik. Tapi tidak ada rekan yang membantunya sehingga bola bisa diambil alih oleh Shaqiri yang segera menggiring bola ke depan, mencoba membalas serangan.

Di menit ke-66 Swiss kembali mendapatkan peluang emas dari situasi yang sama dengan gol pertama. Kali ini umpan diberikan oleh Shaqiri kepada Vargas namun tembakan Vargas ke sisi kanan gawang berhasil diblokir oleh Onana dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Kamerun kesulitan untuk mengembangkan permainan ketika mereka lebih banyak dalam penguasaan bola di area sendiri. Swiss justru kembali menciptakan peluang di menit ke-83 saat Rieder memberikan umpan mendatar dari sisi kiri ke tengah kotak penalti tapi berhasil diblokir oleh Nkoulou.

Swiss berusaha memperlambat tempo permainan. Keunggulan 1-0 tampaknya sudah cukup bagi mereka. Kamerun mengalami kesulitan di menit-menit akhir saat mereka mencoba mengejar ketertinggalan. Tapi tambahan enam menit tidak merubah apapun. Pertandingan berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan Swiss.

Susunan pemain kedua tim:

Swiss (4-2-3-1): Yann Sommer; Silvan Widmer, Manuel Akanji, Nico Elvedi, Ricardo Rodriguez; Remo Freuler, Granit Xhaka; Xherdan Shaqiri, Djibril Sow, Ruben Vargas; Breel Embolo.

Pelatih: Murat Yakin

Kamerun (4-3-3): Andre Onana; Collins Fai, Jean-Charles Castelletto, Nicolas Nkoulou, Nouhou Tolo; Frank Anguissa, Martin Hongla, Samuel Oum Gouet; Bryan Mbeumo, Eric Choupo-Moting, Karl Toko-Ekambi.

Pelatih: Rigobert Song

Sumber: republika.co.id