HETANEWS.com - Qatar membantah mengundang pendakwah Zakir Naik untuk mengisi pengajian selama Piala Dunia 2022. Pemerintah Qatar menginformasikan ke India melalui saluran diplomatik, tidak ada undangan resmi kepada Zakir Naik untuk menghadiri pembukaan Piala Dunia pada 20 November.

Pemerintah Qatar juga mengatakan, informasi terkait kehadiran Naik itu merupakan "disinformasi" yang disebarkan negara-negara yang ingin mengganggu hubungan bilateral Qatar-India.

Komunike resmi dari Qatar itu muncul setelah pemerintah India menyampaikan akan membatalkan kunjungan Wakil Presiden India, Jagdeep Dhankar untuk menghadiri pembukaan Piala Dunia jika Doha secara resmi mengundang Zakir Naik, Kamis (24/11).

Wapres Dhankar menghadiri pembukaan Piala Dunia dan pulang dari Qatar sehari setelahnya dan sebelumnya bertemu dengan para ekspatriat India yang bekerja membangun stadion sepak bola di Qatar.

Zakir Naik merupakan buronan otoritas India terkait terkait dakwaan pencucian uang dan ujaran kebencian. Namun Naik membantah tuduhan tersebut.

India melarang Yayasan Penelitian Islam milik Naik pada 2016. Dia dituduh mendorong dan membantu pengikutnya untuk "mendukung atau berupaya mendukung rasa permusuhan, kebencian atau niat buruk di antara komunitas dan kelompok penganut agama berbeda."