JAKARTA, HETANEWS.com - Jepang membuat kejutan dengan mengalahkan Jerman 2-1 dalam laga Grup E Piala Dunia 2022 di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Rabu (23/11) malam WIB.

Jepang meraih kemenangan meski sempat tertinggal lebih dulu di laga ini. Hal ini menunjukkan mental yang luar biasa dari tim asuhan Hajime Moriyasu itu.

Jerman lebih dulu unggul 1-0 pada menit ke-33. Gol diciptakan melalui tendangan penalti Ilkay Gundogan.

Namun situasi berbalik di babak kedua. Jepang yang mengandalkan banyak pemain yang merumput di Liga Jerman bisa mencetak dua gol yang dijaringkan Ritsu Doan pada menit ke-75 dan Takum Asano (83').

Berikut tiga kunci Jepang bisa mempermalukan Jerman di Piala Dunia 2022:

Penampilan Heroik Gonda

Kiper berusia 33 itu benar-benar menjadi sosok pembeda di bawah mistar Samurai Blue. Shuichi Gonda membuat sederet penyelamatan gemilang yang menjaga asa Jerman untuk meraih kemenangan.

Dilansir dari ESPN, Jerman melepaskan sembilan tepat sasaran. Namun hanya satu yang berujung gol dan itu pun terjadi dari titik penalti yang dieksekusi Ilkay Gundogan.

Peluang-peluang lainnya mampu digagalkan oleh Gonda. Termasuk empat peluang beruntun dari Jerman yang bisa digagalkan Gonda pada menit ke-71.

Pergantian Pemain Jitu

Pelatih Jepang Hajime Moriyasu melakukan lima pergantian pemain di laga ini. Dari lima pemain yang masuk, tiga di antaranya memberikan kontribusi yang positif.

Kaoru Mitoma, Takuma Asano, dan Ritsu Doan berhasil memberikan perbedaan untuk membantu Jepang membalikkan keadaan. Mitoma tampil impresif di sisi kiri untuk merusak sisi kanan pertahanan Jerman.

Sedangkan Ritsu Doan memperlihatkan penempatan posisi yang bagus untuk mencetak gol penyama kedudukan. Terakhir Asano mencetak gol yang menentukan kemenangan setelah berhasil lolos dari jebakan offside Jerman.

Sukses Manfaatkan Kelengahan Jerman

Jerman sepenuhnya menguasai permainan dan dominan dalam menciptakan peluang untuk mencetak gol. Hanya saja pergantian pemain yang tidak efektif membuat situasi pertandingan berbalik.

Kelengahan Jerman itu mampu dimanfaatkan oleh Jepang memasuki 15 menit terakhir pertandingan. Gol kedua yang dicetak Takuma Asano juga memperlihatkan dengan jelas kealpaan pertahanan Der Panzer.

Nicklas Sule yang menjadi orang terakhir terlambat menarik garis offside sehingga membuat Takuma Asano bisa berhadapan langsung dengan Neur dan mencetak gol dari sudut sempit.

Sumber: cnnindonesia.com