HETANEWS.com - Angkatan Luar Angkasa Amerika Serikat akan membuat komando komponen pertamanya di kawasan Indo-Pasifik, di mana para pejabat semakin menunjuk pada meningkatnya ketegangan dengan saingan regional seperti Korea Utara dan Tiongkok.

Komando Indo-Pasifik AS (INDOPACOM) mengumumkan langkah itu pada hari Senin (21/11/2022).

Dilansir dari Russia Today, INDOPACOM adalah komando kombatan yang bertanggung jawab atas sebagian besar Asia Timur dan anak benua India, dan akan menjadi yang pertama menjadi tuan rumah komponen Angkatan Luar Angkasa setelah cabang itu dibentuk pada akhir 2019.

Setelah didirikan, unit Angkatan Luar Angkasa dilaporkan akan membantu meningkatkan kemampuan AS untuk mendeteksi dan mencegat rudal balistik dan jelajah yang ditembakkan dari negara-negara di kawasan itu, meskipun militer menawarkan beberapa detail tentang fungsi pastinya.

Namun, kepala operasi ruang angkasa cabang yang baru diangkat, Letnan Jenderal B. Chance Saltzman, sebelumnya menyiratkan bahwa unit itu sebagian besar akan difokuskan pada Beijing.

"Kami hanya berpikir ruang angkasa sangat penting sekarang sehingga kami membutuhkan kursi di meja itu," kata Saltzman selama sebuah acara Mei lalu, menambahkan: "Dengan China menjadi ancaman yang mondar-mandir, penting bagi kami untuk mempertahankan komponen layanan di INDOPACOM."

Saltzman mengambil alih Angkatan Luar Angkasa awal bulan ini setelah pensiunnya mantan Kepala Operasi Luar Angkasa Jenderal John Raymond, yang merupakan orang pertama yang mengepalai cabang militer terbaru Amerika.

Sumber: hitekno.com