JAKARTA, HETANEWS.com - Pemerintah akan mengirim surat presiden (Surpres) pergantian Panglima TNI ke DPR RI hari ini. Hal itu diungkap Mensesneg Pratikno seusai pelantikan pejabat negara di Istana pagi ini.

Panglima TNI jelang Jenderal TNI Andika Perkasa akan pensiun pada Desember 2022 mendatang.

"Kita sudah menghitung bahwa pada hari ini akan dikirim kepada DPR surpresnya," ujar Pratikno, di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (23/11)

Pratikno memastikan pengiriman surpres hari ini setelah memperhitungkan waktu reses DPR.

Ketika ditanya nama kandidat, Pratikno enggan membocorkan. Ia mempersilahkan DPR yang mengungkapkan nama panglima pengganti Panglima TNI. Ia hanya memberi petunjuk bahwa kandidat panglima pasti berasal dari kepala staf atau mantan kepala staf yang pasti aktif.

"Kalau sudah diterima DPR nanti dari DPR lah yang menyampaikan. Kalau calon panglima TNI pasti dari kepala staf atau mantan kepala staf yang masih aktif. Kan gitu saja," beber Pratikno.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR RI Lodewijk F. Paulus mengingatkan kepada Presiden Jokowi dan pemerintah agar segera menyerahkan surat presiden (surpres) nama Panglima TNI ke DPR paling lambat 20 hari sebelum reses.

"Aturannya 20 hari sebelum masa reses dan kita akan reses pada tanggal 16 Desember Surpres sudah harus diserahkan ke DPR. Berarti batas reses itu ada pada tanggal 25 November nanti," kata Lodewijk di Jakarta Pusat Senin (21/11)