CIANJUR, HETANEWS.com - Presiden Jokowi menuju Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, pada Selasa 22 November 2022 pukul 11.25 WIB. Hal ini untuk memastikan korban gempa mendapatkan penanganan yang memadai.

Setibanya di lokasi di Desa Cugenang pukul 12.35 WIB, Presiden langsung meninjau langsung dampak bencana gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,6 di Kabupaten Cianjur yang terjadi pada Senin, 21 November 2022 pukul 13.21 WIB.

Perjalanan menuju Cianjur ini ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda empat meskipun Presiden dapat menggunakan helikopter. Ia ditemani Menko PMK Muhadjir Effendy dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Ketibaannya disambut oleh Bupati Cianjur Herman Suherman.

“Presiden lebih memilih menggunakan mobil untuk memastikan akses jalan yang sempat tertutup akibat gempa, sudah kembali terbuka,” ucap Deputi bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam keterangan tertulis, Selasa (22/12).

Bey menjelaskan bahwa Presiden ingin memastikan bantuan logistik, seperti makanan, minuman, obat-obatan, sembako, dan bantuan lainnya tidak menemui hambatan dalam pengiriman.

Baca juga: Perjuangan Seorang Ibu Penyintas Gempa Cianjur, Nekat Terjang Reruntuhan untuk Selamatkan Putrinya