JAKSEL, HETANEWS.com - Ferdy Sambo menegaskan bahwa rekening yang dipegang oleh Ricky Rizal dan Yosua dipakai untuk membayar kebutuhan sehari-hari keluarganya, baik di Jakarta maupun Magelang. Menurut Sambo, uang di dalam rekening kedua ajudan itu ialah uang miliknya.

Hal ini disampaikan Sambo menanggapi kesaksian Anita Amalia selaku customer service layanan luar negeri bank BNI Cibinong di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (22/11). Anita bersaksi untuk terdakwa Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi.

"Kemudian saksi Anita dari BNI saya juga ingin menjelaskan bahwa rekening Ricky dan Yosua ini bukan uang mereka tapi uang saya untuk kebutuhan keluarga dan kebutuhan operasional keluarga saya," ujar Sambo.

Penegasan serupa juga disampaikan oleh Putri Candrawathi. Ia menyebut bahwa rekening atas nama Ricky dan Yosua masing-masing dibuat untuk membayar keperluan rumah tangga di Magelang dan Jakarta. Menurut Putri, ia membuatkan rekening Yosua dan Ricky di BNI cabang Cibinong.

"Dan untuk rekening Yosua itu adalah untuk keperluan kas di Jakarta, sedangkan Ricky adalah keperluan untuk kas di Magelang," ucap Putri.

Putri bahkan berani menjamin kebenaran ini. Ia memastikan transaksi dalam 3 bulan terakhir pada kedua rekening tersebut dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

"Dan mungkin bisa dilihat atau di-print dari rekening koran 3 bulan terakhir juga bisa terlihat bahwa keluar masuknya transaksi tersebut adalah untuk keperluan keluarga kami," tutup Putri.

Pada Senin kemarin, Anita sempat menjelaskan soal adanya transfer uang dari rekening Yosua ke rekening Ricky Rizal. Transfer uang sebesar Rp 200 juta itu terjadi pada 11 Juli 2022 atau tiga hari usai Yosua tewas.

Atas kesaksian itu, Ricky mengakui dirinya yang memindahkan uang tersebut atas perintah Putri. Menurut dia, uang di dalam rekeningnya dan Yosua memang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari rumah tangga Sambo dan Putri.

"Benar untuk pemindahan rekening atas nama Yosua. Yang setahu saya memang rekening atas nama Yosua itu juga untuk keperluan rumah tangga di Jakarta yang saya lakukan atas perintah Bu Putri Sambo, karena yang bersangkutan [Yosua] telah almarhum," kata Ricky di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (21/11).

Baca juga: Ferdy Sambo Buka Suara soal Konsorsium Tambang: Kan Suratnya Ada, Sudah Benar Itu