JAKARTA,HETANEWS.com - Menteri Pertahanan (Menhan) Amerika Serikat Lloyd J. Austin III mengaku bangga bekerja sama dengan Indonesia. Austin mengatakan akan memperdalam kerja sama investasi dan pendidikan pertahanan.
"Amerika Serikat bangga bermitra dengan Anda saat kita bekerja sama untuk memajukan visi bersama kita tentang Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka. Selama pertemuan kami hari ini, Pak Prabowo dan saya membahas cara untuk memperdalam kemitraan kami termasuk untuk memperluas dalam investasi dan pendidikan pertahanan," kata Austin dalam konferensi pers, Senin (21/11/2022).

Lebih lanjut, Austin mengatakan pertemuannya dengan Prabowo membahas pentingnya keamanan dan komitmen bersama, termasuk supremasi hukum, kebebasan dan penghormatan terhadap integritas wilayah kedaulatan. Selain itu, dia juga menyinggung pertukaran pendidikan dan pelatihan militer dari kedua negara.

"Para pemimpin pertahanan kita sendiri juga mendapat manfaat dari institusi luar biasa Indonesia, lebih dari seratus juta perwira militer Amerika telah dididik di sini dan kami terus berinvestasi di masa depan," ucap Austin.

Austin berencana untuk membuka peluang pendidikan dan jaringan baru bagi pertahanan sipil. Selain itu, dia juga berencana untuk meningkatkan pelatihan bahasa Inggris dan pendidikan militer profesional serta kapasitas kelembagaan baru.

Baca juga:
Usai Bertemu Menhan China, Prabowo Sambut Menhan AS di Jakarta
"Investasi kami pada generasi pemimpin berikutnya akan membantu memastikan visi kita bersama. Kawasan yang aman, terbuka, dan makmur itu tumbuh subur dalam satu dekade ke depan," jelas Austin.

"Jadi Pak Menteri, terima kasih atas kemitraan dan kepemimpinan Anda saat kita bekerja sama untuk membangun masa depan yang lebih cerah. Terima kasih," lanjutnya.