SIANTAR - Walikota Siantar Susanti Dewayani resmikan Galeri Dekranasda di Lantai II gedung Pariwisata jalan Merdeka, Senin (21/11/2022).

Galeri tersebut merupakan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) dalam rangka meningkatkan perekonomian nasional khususnya kota Pematang Siantar.

Galeri Dekranasda merupakan sarana untuk menampung dan mempromosikan hasil produksi UMKM yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh khas Siantar.

Demikian dikatakan Walikota Susanti saat membuka secara resmi galeri tersebut.

Galeri Dekranasda diharapkan menjadi icon Siantar bagi para tamu yang datang mengunjungi Siantar.

"Tidak perlu repot mencari oleh oleh khas Siantar, semua ada di galeri Dekranasda gedung Pariwisata jalan Merdeka Siantar," katanya.

Walikota sangat mengapresiasi Kantor Perwakilan Bank Indonesia bersama 20 perbankan yang ada di Siantar, karena sudah memberikan kontribusi nyata untuk membangkitkan dan meningkatkan perekonomian di Siantar.

Kerjasama Pemko dengan seluruh Perbankan diharapkan dapat mewujudkan Siantar yang maju, sejahtera, sehat dan berkualitas.

Teuku Munandar, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar melihat semangat Pemerintah dalam memajukan perekonomian melalui UMKM sehingga memandang layak untuk membantu dengan memberikan sarana berupa galeri.

Sebagai tempat untuk menampung, menyakitkan dan mempromosikan hasil produksi UMKm untuk mendukung perekonomian nasional khususnya Kota Siantar.

Peran perbankan sangat penting untuk mendukung perekonomian daerah. Sampai dengan September 2022 sudah 12,34 Triliun pembiayaan disalurkan 20 perbankan yang ada di Siantar atau tumbuh 21,8 persen dari tahun sebelumnya. Bahkan Siantar lebih baik secara nasional.

Perbankan tidak tahu memberikan pembiayaan/kredit karena kasus kredit macet di Siantar sangat rendah. Artinya nasabah lebih taat membayar kredit.

"Biarpun pandemi tetap nge gas..tetap menyalurkan pembiayaan," ungkapnya.

Kerjasama Pemko dengan Perbankan sangat

penting, karena sumber pembiayaan untuk

pembangunan dan mendorong pertumbuhan ekonomi di suatu daerah selain dari APBN/APBD dan penanaman modal/investasi, juga berasal dari penyaluran kredit/pembiayaan perbankan.

Walikota bersama Perbankan mengharapkan peran media dalam mempublikasikan dan mempromosikan galeri Dekranasda.

"Dengan publikasi oleh Media, keberadaan galeri Dekranasda ini akan tersebar di seluruh Sumatera Utara, Indonesia, bahkan internasional. Karena saat wisman mencari informasi mengenai pariwisata dan UMKM di Pematang Siantar atau Sumatera Utara di

internet, maka berita mengenai keberadaan galeri ini dapat muncul dan dibaca mereka," jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Dekranasda Erizal Kesuma Ginting mengatakan ada sekitar 164 UMKM yang mempromosikan hasil produksinya di galeri tersebut. UMKM menjadi salah satu penggiat ekonomi yang diharapkan mampu menekan inflasi.

Untuk itu teruslah berkarya dan berinovasi menjadi UMKM yang unggul, maju dan berkembang. Dekranasda terus berdayakan UMKM sejak Pebruari 2022 dan telah membuka ruang terbuka bagi IKM dan UKM untuk menampilkan karyanya di dekranasda.

Dekranasda akan terus membina dan melakukan pelatihan untuk menciptakan pelaku UMKM yang milenial sehingga mampu memasarkan produknya melalui paltform digital.

Menjadi suatu kebanggan bagi Siantar yang baru saja memperoleh Lencana Sidhakarya dari Gubsu. Produk unggulan dari PT Pabrik Es "minuman Cap Badak" dan CV Arta Tenun ulos Simalungun.

"Artinya produk unggulan kita memiliki potensi untuk naik kelas atau naik level ke tingkat Nasional," katanya.

Pengguntingan pita disaksikan Ketua Pipebi Rahmi Munandar, Pimpinan Perbankan, Kadis Koperasi dan UMKM Herbert Aruan Pimpinan OPD, Camat dan pelaku UMKM.