HETANEWS.com - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin bicara soal ketidakhadirannya dalam rangkaian acara KTT G20 yang dihadiri kepala negara dunia dan para delegasi G2O di Bali. Acara ini juga dihadiri sejumlah menteri terkait.

Ma'ruf mengatakan sudah berbagi tugas dengan Presiden Jokowi dan menteri terkait. Dia juga mengaku saat itu mendapat tugas untuk mengikuti sidang perubahan iklim di Mesir.

"Oleh karena itu di G20 kan cukup kepala negara diwakili Presiden dan menteri-menteri yang ditugaskan hal itu. Wakil Presiden, saya, kebagian pergi ke Mesir untuk mengikuti sidang perubahan iklim dan menunggu di Jakarta menghadiri berbagai (acara). Kalau semua di Bali nanti di Jakarta tidak ada, padahal tugas lain harus dihadiri," kata Ma'ruf usai membuka H20 di Hotel Padma Semarang, Kamis (17/11).

Meski tidak dapat hadir dalam rangkaian acara KTT G20, Ma'ruf menuturkan, jauh sebelum acara itu berjalan dirinya sudah beberapa kali melakukan peninjauan ke Bali.

"Sebelumnya saya lihat ke sana persiapan-persiapannya, baik tentang masalah penyiapan mobil listrik, stasiunnya. Persiapan pertemuannya. Ini (H20) juga bagian dari G20. Tiap hari kemarin ada kegiatan bagian G20," ujar Ma'ruf Amin.

Ketidakhadiran Wapres dalam rangkaian puncak KTT G20 sempat menimbulkan tanya. Ke mana Ma'ruf?

Juru bicara Wapres, Masduki Baidlowi, mengatakan Ma'ruf memang tidak hadir di forum G20 untuk menyelesaikan tugas negara di Jakarta.

”Selama G20 berlangsung, Wapres berbagi tugas dengan presiden. Termasuk banyak menerima limpahan tugas dari presiden terkait agenda dan tugas-tugas kenegaraan,” ujar Masduki saat dihubungi, Selasa (15/11).

Sumber: kumparan.com