HETANEWS.com - Sosok istri Presiden Korea Selatan Kim Keon-hee menyita banyak perhatian ketika mendampingi Presiden Yoon Suk-yeol pada KTT G20 di Bali yang berlangsung 15-16 November 2022.

Ia menjadi sorotan karena terlihat lebih muda dibandingkan usianya yang sudah mencapai 50 tahun. Bahkan tak jarang berbagai netizen membandingkan Kim dengan bintang K-Pop.

Namun siapa sangka jika Kim memiliki latar belakang yang terlibat banyak skandal. Berikut ini kumparan telah merangkum profil istri Presiden Yoon yang mejadi viral ketika bertandang ke Indonesia.

Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol (kiri) bersama istri Kim Keon Hee (kanan) tiba di terminal VVIP I Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Minggu (13/11/2022). Foto: Galih Pradipta/ANTARA FOTO

Kim lahir pada 2 September 1972 di Yangpyeong, Korea Selatan. Ia bersekolah di Myungil Girls’ High School sebelum meneruskan pendidikan tinggi di Universitas Kyonggi hingga mendapatkan gelar seni.

Dikutip dari The Straits Times, Kim melanjutkan pendidikan magisternya di jurusan Pendidikan Seni sebelum melanjutkan pendidikan doktor nya di Desain Konten Digital. Ia juga tercatat mengajar di beberapa sekolah dan universitas. Selain terkenal sebagai akademisi, Kim dikenal sebagai pengusaha yang sukses.

Covana Contents menjadi perusahaan yang bergerak di dalam pameran seni ini pun didirikan oleh Kim pada 2009. Perusahaan Kim membantu penyelenggaraan beberapa seniman terkemuka seperti Alberto Giacometti, Marc Chagall, dan Mark Rothko.

Ibu Iriana Joko Widodo menerima kedatangan Ibu Negara Republik Korea, Madam Kim Keon-hee. Foto: Kementrian Kominfo

“Sejak kecil, saya sudah tertarik dengan seni. Dengan latar belakang akademik saya, secara alamiah saya merasakan keinginan yang dalam untuk membangun sebuah perusahaan yang bisa menyebarluaskan nilai-nilai seni,” kata Kim dalam wawancaranya bersama DongA Business Review pada 2015.

“Saya ingin melakukan lebih dari perencanaan pameran seni, untuk menciptakan pengaruh positif dalam sektor budaya secara keseluruhan,” tambahnya.

Kim menikah dengan Yoon pada 2012 lalu dengan perbedaan usia hingga 12 tahun. Mereka memutuskan menikah karena teman mereka berpikir jika adanya kecocokan di antara mereka.

Ia pun resmi menyandang sebagai ibu negara setelah Yoon terpilih menjadi presiden pada 10 Mei. Sampai saat ini, pasangan tersebut tidak memiliki anak.

Penuh dengan Kontroversi

Ibu Iriana Joko Widodo menerima kedatangan Ibu Negara Republik Korea, Madam Kim Keon-hee, di Hotel The Apurva Kempinski, Bali, pada Senin, (14/11/2022). Foto: Dok. Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

Selama masa kampanye, Kim terlibat beberapa skandal yang memicu kritik dari publik. Kim pernah memalsukan riwayat pekerjaannya untuk melamar sebagai pengajar di universitas.

Atas kritik masyarakat luas, Kim mengadakan konferensi pers untuk meminta maaf. Ia berdalih pemalsuan riwayat pekerjaan itu dilakukan agar CV-nya terlihat bagus.

Ibu Iriana Joko Widodo menerima kedatangan Ibu Negara Republik Korea, Madam Kim Keon-hee, di Hotel The Apurva Kempinski, Bali, pada Senin, (14/11/2022). Foto: Dok. Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

Skandal lain yang menjerat Kim adalah mengancam jurnalis yang berlaku kritis. Pada saat memberikan penghormatan kepada mendiang Presiden Roh Moo-hyun, Kim juga mengajak beberapa karyawan perusahaannya pada aktivitas kenegaraan tersebut. Tuduhan skema manipulasi harga saham pun turut menyeret nama Kim.

Sejak saat itu, Kim memutuskan hanya akan membantu Yoon di belakang layar. Sebelumnya, ia juga bersumpah untuk menghapus organisasi yang didedikasikan untuk pasangan presiden serta tidak menggunakan istilah “ibu negara” dalam menjalankan tugasnya.

Sumber: kumparan.com