SIANTAR - Wali Kota Siantar Susanti Dewayani memberi paparan penguatan ideologi Pancasila kepada pelajar SMA Negeri 2 Pematang Siantar.

Susanti mengatakan, dalam Kurikulum Merdeka, siswa tidak hanya dibentuk untuk menjadi cerdas, namun juga berkarakter sesuai nilai-nilai Pancasila.

"Mudah-mudahan acara bisa berjalan dengan baik, dan apa yang kita harapkan, apa yang kita cita-citakan dapat tercapai," kata Susanti dalam keterangan Diskominfo, Rabu (16/11/2022).

Dalam panduan pngembangan projek penguatan profil pelajar Pancasila atau P5, kata Susanti, profil pelajar Pancasila adalah belajar sepanjang hayat, kompeten, berkarakter dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.

Di lain sisi, profil pelajar Pancasila juga mencakup mengenai kemampuan pelajar untuk memiliki paradigma berpikir yang terbuka terhadap perbedaan dan kemajemukan.

"Pelajar Pancasila harus memiliki kepedulian pada lingkungannya dan menjadikan kemajemukan yang ada sebagai kekuatan untuk hidup bergotong-royong," katanya.

Terdapat enam elemen atau dimensi profil pelajar Pancasila yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya yaitu: Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia; Berkebhinekaan Global; Gotong-royong; Mandiri; Bernalar Kritis; dan Kreatif.