HETANEWS.com - Presiden Jokowi membanggakan pemindahan ibu kota negara ke IKN Nusantara dalam rangkaian kegiatan KTT G20.

Di hadapan para kepala negara yang hadir dalam Partnership for Global Infrastructure and Investment (PGII) yang merupakan rangkaian G20, Jokowi bicara soal peluang investasi di IKN.

Jokowi mengungkapkan, peluang investasi dengan berjalannya pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur bakal mendatangkan investasi sebesar USD 20 miliar, setara Rp 323,3 triliun (kurs Rp 15.548).

"Indonesia tengah mendorong pemerataan pembangunan melalui pemindahan ibu kota ke (IKN) Nusantara. Ini akan membuka peluang investasi sebesar USD 20,8 miliar di berbagai sektor infrastruktur," ujar Jokowi.

Presiden Joko Widodo meninjau pembangunan infrastruktur kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, pada Selasa (25/10/2022). Foto: Laily Rachev/Biro Pers Sekretariat Presiden

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi menekankan perlunya pemberdayaan masyarakat dan ekonomi setempat dalam berbagai peluang proyek infrastruktur. Upaya tersebut, kata Jokowi, membuat negara-negara berkembang bisa lebih tangguh.

"Pembangunan infrastruktur perlu memberdayakan masyarakat dan ekonomi setempat agar memiliki rasa kepemilikan yang tinggi, disertai dukungan bagi negara berkembang untuk membangun kapasitas dan kemampuan mandiri," tuturnya.

Sumber: kumparan.com