SIMALUNGUN - Bupati Simalungun Radiapoh Sinaga mengajak Tokoh tokoh Agama di Simalungun merawat keberagaman umat beragama.

Pemkab Simalungun, kata Bupati, tidak hanya menjalin hubungan pemerintahan saja, namun menjalin hubungan harmonis dengan para pemuka agama.

Hal itu disampaikan Bupati Radiapoh dalam temu pers mengenai surat edaran Kepala Dinas Pendidikan Simalungun, Zocson Midian Silalahi, yang memicu ketersinggungan ormas Islam di Simalungun.

Tanpa berpanjang lebar, Radiapoh selaku Bupati Simalungun menyampaikan mohon maaf yang setinggi-tingginya atas kekhilafan yang telah disampaikan oleh bawahannya itu.

"Ini merupakan pembelajaran kedepan. Simalungun sudah terkenal dengan miniaturnya Indonesia. Semua keberagaman ada di Simalungun,"kata Bupati di Aula MUI Simalungun, Selasa (15/11/2022).

"Saya mohon kepada orang tua saya dari ormas yang ada di Kabupaten Simalungun dan insan pers, marilah kita merajut kembali kebersamaan ini, jangan dinodai oleh hal-hal yang tidak perlu," ucap Bupati kepada pengurus ormas Islam dan insan pers.

Bupati juga menyampaikan terima kasih atas kehadiran pengurus ormas-ormas Islam pada konferensi pers tersebut.

"Saya mengapresiasi, ini merupakan komitmen dan apresiasi kita bersama. Kita harus bersama-sama juga menjaga kabupaten Simalungun untuk lebih baik dan lebih kondusif kedepan," ungkapnya.

Sebelumnya, Kadis Pendidikan Zocson Midian Silalahi menyampaikan permohonan maaf kepada ormas Islam di Simalungun atas surat Dinas Pendidikan No 420/3085/4.4.1/2022, Tanggal 20 Oktober 2022, Perihal Pembina Upacara Di Satuan Pendidikan.

Dalam surat itu ada satu poin yang dinilai menyinggung perasaan umat Islam. Buntut surat itu Zocson dicopot dari jabatannya dan digantikan oleh Kepala Dinas Sosial Sakban Saragih sebagai Pelaksana tugas.

"Dari isi hati yang paling dalam, dari isi hati yang ikhlas dan tulus, bahwa saya tidak bermaksud untuk meremehkan, atau melecehkan bahkan mendiskriminasi kaum muslim,"kata Zocson yang kini menjadi Staf di Sekretariat DPRD Pemkab Simalungun.

Permintaan maaf Zocson disambut baik oleh Ketua Al Washliyah Amrin Syam Simamora, Pengurus BKPRMI, Zulham Siregar, Pengurus IKEIS, Pimpinan Muhammadiyah dan Ketua FKUB Simalungun, dalam sambutan yang mereka sampaikan.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua Umum MUI H Chairul Anwar menghimbau kepada seluruh umat Islam di Simalungun tetap menjaga toleransi dan kerukunan antar umat beragama.

"Mari kita sampaikan kepada Jamaah dan saudara saudara kita untuk tetap menjaga kerukunan dan hidup berdampingan. Karena ada 2 cara memaafkan dan berlapang dada. Membuat kita lebih ikhlas dan hidup lebih baik dalam bermasyarakat," katanya.

Sementara itu, Kapolres Simalungun AKBP Ronald Sipayung berharap pertemuan itu menjadi momentum penting dalam menjaga toleransi kerukunan antar umat beragama.

"Pertemuan ini menjadi pintu maaf bagi kita semua khususnya warga Muslim di Simalungun dan sekitarnya. Dalam forum ini dapat memberikan kepastian, jawaban atas permintaan maaf tersebut," katanya.

Baca juga: Buntut Surat Edaran, Zocson Silalahi Dicopot dari Jabatannya Lalu Minta Maaf