SIANTAR, HETANEWS.com - Pelaku pencurian sepeda motor diringkus personil Unit Reskrim Polsek Siantar Utara di Jalan Bali, Kelurahan Bane, Kecamatan Siantar Utara, Senin (14/11/2022).

Pelaku diketahui bernama Eben Hezer Siagian (23), warga Jalan Nanggar Suasa, Kelurahan Bane, Kecamatan Siantar Utara.

"Jadi pelaku ini mencuri sepeda motor Honda Beat BK 3134 TAT dirumah korban Rudi Apriando Sitepu yang berada di Jalan Bahbirong Ujung, Kelurahan Sigulang-Gulang, Kecamatan Siantar Utara, pada hari sabtu tertanggal 12 Oktober 2022," ucap Kapolsek Siantar Utara Iptu Herly Damanik melalui pesan singkatnya, Senin (14/11/2022)

Herly menerangkan, terjadinya pencurian itu dilakukan pelaku pada saat korban Rudi sedang beristirahat. Namun ketika Rudi yang dibangunkan oleh alarm HPnya dan keluar dari kamar, Rudi melihat pintu depan rumahnya sudah terbuka dan sepeda motornya telah raib.

Melihat hal itu, kemudian korban membangunkan sang istri dari tidurnya sembari memberitahukan kalau sepeda motornya telah hilang dari dalam rumahnya.

"Korban sempat mencari disekitaran rumah mereka namun sepeda motor itu tetap tidak ditemuk, kemudian korban dengan istrinya membuat laporan pengaduan kesini (Polsek Siantar Utara)," terang Herly.

Mendapatkan laporan itu, kemudian personil unit Reskrim Polsek Siantar Utara bergerak cepat dan mendapatkan informasi bahwa pelaku Eben sedang berada disalah satu warnet Jalan Bali, dan penangkapan terhadap pelaku pun tidak berlangsung lama.

Setelah ditangkap, kemudian pelaku dilakukan introgasi dimana dirinya menyimpan sepeda motor milik korban. Pelaku yang sudah tidak dapat berbuat banyak kemudian mengatakan kalau sepeda motor tersebut disembunyikan di semak-semak Desa Talun Kondot, Kecamatan Panei Tongah, Kabupaten Simalungun.

"Kita menemukan sepeda motor korban disemak-semak kebun sawit dan memang sengaja disembunyikan pelaku agar menghilangkan jejak. Sekarang sepeda motornya telah kita amankan di Polsek, untuk pasal yang dikenakan pasal 363 ayat (1) ke 3e, 5e dari KUHPidana," tutupnya.