HETANEWS.com - Berikut prediksi negara yang bakal lolos dari grup C Piala Dunia 2022 yang berisikan Argentina, Arab Saudi, Meksiko, dan Polandia. Dalam waktu sepekan lagi Piala Dunia 2022 akan bergulir, di mana 32 kontestan akan bersaing memperebutkan gelar juara.

32 kontestan dari berbagai wilayah ini nantinya akan bersaing terlebih dulu di babak grup Piala Dunia 2022. Total ada delapan grup yang akan berisikan masing-masing empat negara.

Dari delapan grup yang ada tersebut, grup C akan menjadi salah satu grup yang menjadi pusat perhatian seluruh penikmat sepak bola dunia. Pasalnya grup C ini berisikan negara-negara kuat dari wilayah-wilayahnya, yakni Argentina dari CONMEBOL, Arab Saudi dari AFC, Meksiko dari CONCACAF, dan Polandia dari UEFA.

Argentina merupakan salah satu tim kuat dengan sejarah hebat di kancah sepak bola. Sedangkan Arab Saudi pun dikenal sebagai tim kuat dari zona Asia. Lalu Meksiko bisa dikatakan sebagai raja dari zona CONCACAF, sedangkan Polandia merupakan tim kuda hitam di sepak bola Eropa.

Karena berisikan tim-tim kuat, grup C pun akan menjadi salah satu grup yang banyak ditonton di Piala Dunia 2022 ini, baik secara langsung maupun lewat layar kaca.

Namun tim-tim kuat ini harus bersaing memperebutkan dua tiket untuk melaju ke babak 16 besar dan bersaing di babak gugur demi memperebutkan trofi Piala Dunia 2022.

Dari empat tim tersebut, negara mana saja yang punya peluang besar untuk lolos dari grup C dan melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022? Berikut ulasan INDOSPORT.

Profil Timnas Argentina Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: Instagram@argentinafootball) © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT

Bedah Kualitas Kontestan Grup C

1. Argentina

Jika melihat lawan-lawan di grup C ini, Argentina jelas diprediksi akan lolos dari babak grup dan melanggeng ke babak 16 besar dengan status pemuncak klasemen.

Keyakinan ini lahir dari materi pemain skuad arahan Lionel Scaloni itu, yang kebetulan berkiprah di liga-liga top Eropa musim ini. Selain itu, Argentina punya modal berharga dalam menyambut Piala Dunia 2022, di mana La Albiceleste belum terkalahkan dalam 35 pertandingan terakhirnya.

Catatan ini bisa diperpanjang di fase gugur, sekaligus membua Argentina memecahkan rekor internasional di jagat sepak bola.

Keyakinan terakhir lahir dari sosok Lionel Messi yang jadi poros permainan Argentina. Dengan moncernya La Pulga musim ini, La Albiceleste pun bisa lolos dari grup C dengan mudah.

2. Polandia

Jika Argentina diyakini bisa lolos dengan mudah dari grup C, maka tiket kedua untuk lolos ke babak 16 besar bisa saja menjadi milik Polandia. Polandia merupakan salah satu kuda hitam Eropa yang memiliki sederet pemain yang bermain di liga-liga top dan menjadi andalan klub-klub besar.

Salah satu nama yang jadi andalan adalah Robert Lewandowski yang punya insting mencetak gol tinggi, dan akan mati-matian di Piala Dunia terakhirnya ini. Namun, Polandia tak akan mendapat jaminan untuk lolos atau menempati posisi Runner Up. Sebab, tim ini tak punya sejarah panjang di Piala Dunia.

Hanya saja, Polandia bisa mengunci tiket kelolosan di dua laga awal grup C kala menghadapi Meksiko dan Arab Saudi. Dua pertandingan awal ini pun menjadi kunci mereka agar bisa lolos.

Meksiko Berpeluang, Arab Saudi Tak Punya Harapan 3.

Meksiko

Pesaing terberat posisi kedua grup C bagi Polandia adalah Meksiko. Hal ini tak lepas dari rekam jejak tim berjuluk El Tri itu di Piala Dunia.

Pada Piala Dunia edisi 2018 lalu, Meksiko secara mengejutkan bisa lolos dari babak grup dengan mengangkangi Jerman dan Korea Selatan.

Berkaca pada sejarah, Meksiko sudah tujuh kali lolos dari babak 16 besar Piala Dunia secara beruntun selama berpartisipasi di ajang ini. Hanya saja Meksiko bukannya tanpa cacat. El Tri punya kelemahan dalam mencetak gol alias lini serangnya tak cukup bertaji.

Di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONCACAF, Meksiko hanya mampu mencetak 13 gol dari situasi Open Play dalam 14 laga yang dilakoni. Catatan ini bisa mengganjal laju El Tri di Piala Dunia 2022.

4. Arab Saudi

Arab Saudi pun harus menerima kenyataan di Piala Dunia 2022 ini mereka bakal dicap sebagai tim pesakitan di grup C. Pasalnya, The Green Falcons tak punya kiprah mentereng di Piala Dunia. Belum lagi dengan fakta bahwa Arab Saudi kerap menjadi lumbung gol di babak grup.

Sejarah ini berbanding lurus dengan fakta di lapangan saat ini, di mana Arab Saudi tak bisa mencetak lebih dari satu gol dalam 15 pertandingan terakhirnya.

Bahkan dalam empat pertandingan terakhir, Arab Saudi hanya mampu mencetak dua gol saja, yang menandakan bahwa The Green Falcons begitu tumpul dalam mencetak gol. Tak pelak catatan ini membuat Arab Saudi diprediksi akan menjadi juru kunci dan dipastikan tak akan lolos dari grup C.

Sumber: indosport.com