SIMALUNGUN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menggelar kegiatan Penciptaan dan Penggunaan Arsip Dinamis bagi OPD di Pemkab Simalungun Tahun 2022.

Gelar kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Agave Jln Saribudolok Kecamatan Panombeian Panei, Sumut, secara resmi dibuka oleh Bupati Simalungun diwakili Wakil Bupati H Zonny Waldi, Kamis (10/11/2022).

Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Simalungun Afdoli dalam laporannya menyampaikan kegiatan berlangsung selama dua hari dari 10 hingga 11 November 2022.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 100 orang, terdiri dari unsur sekretaris, Kasubbag Tata Usaha dan Pengelola dari setiap OPD dan Kecamatan.

Menurut Afdoli, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan serta kemampuan dan keterampilan dalam mengelola arsip, menciptakan sumber daya manusia yang kompetensi di bidang kearsipan dan terkelola arsip dengan baik dilindungi OPD dan Kecamatan Kabupaten Simalungun.

Sebagai Nara sumber dari kegiatan itu berasal dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Utara dan Kabupaten Simalungun

Wakil Bupati Simalungun dalam bimbingan dan arahan nya menyampaikan arsip merupakan tulang punggung dan otak organisasi, karena arsip ada yang sifatnya pribadi dan bersifat dinas.

"Jadi kegiatan ini sangat penting dan bermanfaat bagi kita, dari kegiatan ini akan memberikan sikap dan keterampilan bagi kita, ada nilai tambah bagi kita dalam pengolahan arsip yang dinamis dan lebih baik,"kata Wakil Bupati.

Bagi peserta, Wakil Bupati berharap agar mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, buka pikiran dan hati sehingga dapat menerima materi yang disajikan dari Nara sumber, sehingga dapat menerapkannya di tempat kerja masing-masing.

"Jadilah Arsiparis dan konseptor yang baik yang dapat menciptakan arsip yang baik sesuai dengan fungsinya,"kat Wakil Bupati.