KEDIRI, HETANEWS.com - Kebakaran melanda pabrik PT Gudang Garam di Kediri, Jawa Timur Senin (7/11). Peristiwa itu dilaporkan pertama kali pada pukul 23.30 WIB.

Kebakaran di pabrik Gudang Garam pertama kali dikonfirmasi oleh petugas call center Pemadam Kebakaran Kabupaten Kediri. Wilayah yang terbakar berada di antara Kota Kediri dan Kabupaten Kediri.

Berikut fakta-fakta kebakaran di pabrik Gudang Garam:

  • Api Padam Setelah 8 Jam

Petugas pemadam kebakaran berhasil memadamkan api yang mengamuk di unit 9 pabrik rokok terkemuka itu setelah berjibaku selama 8 jam.

Kepala UPT Damkar Fanni Harianto menyatakan, penyebab kebakaran masih belum diketahui. Semua penyelidikan dilakukan oleh kepolisian. “Satu pintu ke polres, koordinasinya semalam begitu,” kata Fanni.

  • Tak Ada Korban Jiwa

Dalam peristiwa kebakaran yang menimpa pabrik rokok raksasa ini dipastikan tidak ada korban jiwa.

"Dipastikan tidak ada korban jiwa dan luka dari peristiwa tersebut," ujar Humas Gudang Garam Iwhan Tri Cahyono dalam keterangan resmi yang diterima kumparan, Selasa (8/11).

Lokasi kebakaran berada di tempat penyimpanan barang penunjang (barang nonproduksi) yang tidak mempengaruhi kegiatan produksi rokok. Pihak manajemen menyampaikan bahwa saat ini api telah dinyatakan padam dan situasi kondusif.

"Saat ini kebakaran sudah berhasil dipadamkan oleh Unit Pemadam Kebakaran PT Gudang Garam Tbk dibantu jajaran PMK Pemkot Kediri dan Polres Kediri Kota," tutupnya.

  • Tak Ganggu Operasional Pabrik

Humas PT Gudang Garam Tbk, Iwhan Tri Cahyono, mengatakan area kebakaran berada di tempat penyimpanan barang penunjang atau barang nonproduksi.

"Peristiwa kebakaran yang terjadi di salah satu gudang milik PT Gudang Garam Tbk., dipastikan tidak mempengaruhi aktivitas operasional pabrik. Lokasi kebakaran tersebut merupakan tempat penyimpanan barang penunjang (barang nonproduksi) yang tidak mempengaruhi kegiatan produksi rokok," kata Tri dalam siaran pers yang diterima kumparan, Selasa (8/11).

Dia juga mengatakan bahwa kebakaran itu tidak menimbulkan dampak apa pun pada aktivitas produksi.

"Manajemen PT Gudang Garam Tbk menyampaikan kebakaran yang terjadi pada Senin malam 7 November 2022 tidak menimbulkan dampak apa pun terhadap kegiatan operasional pabrik," lanjutnya.