HETANEWS.com - Berikut ini deretan rekor yang bisa dipecahkan Cristiano Ronaldo di ajang Piala Dunia 2022, di mana dirinya berpotensi melewati rekor dua legenda Portugal.

Piala Dunia 2022 Qatar akan dihuni oleh beberapa bintang sepak bola ternama, salah satunya adalah mega bintang Portugal, Cristiano Ronaldo. Dalam perjalanannya menembus Piala Dunia 2022, Cristiano Ronaldo dan Portugal hampir gagal dan hampir absen dari ajang empat tahunan itu.

Pasalnya, di babak Kualifikasi Piala Dunia 2022, Portugal hanya menjadi Runner Up grup A, sehingga harus melewati babak Playoff. Beruntung di babak Playoff Portugal mampu mengatasi perlawanan Turki dengan skor 3-1 dan Makedonia Utara dengan skor 2-0 sehingga berhasil lolos ke putaran final.

Lolosnya Portugal pun membuat harapan penikmat sepak bola bisa melihat penampilan Cristiano Ronaldo untuk terakhir kalinya di Piala Dunia terwujud. Maklum saja. Saat ini penggawa Manchester United itu telah menginjak usia 37 tahun.

Dengan kata lain, Piala Dunia 2022 bisa menjadi Piala Dunia terakhirnya. Mengingat Piala Dunia 2022 akan menjadi Piala Dunia terakhirnya, Cristiano Ronaldo pun akan mati-matian untuk membawa Portugal juara.

Selain membawa Portugal juara, pemain berjuluk CR7 ini akan berusaha tampil maksimal agar bisa memecahkan sederet rekor yang mengukuhkan dirinya sebagai salah satu yang terbaik sepanjang masa.

Apa saja rekor yang bisa dipecahkan Cristiano Ronaldo di Piala Dunia 2022 nanti? Berikut rangkuman INDOSPORT.

Ekspresi Cristiano Ronaldo di ajang Piala Dunia 2018. © Getty Images

Berpotensi Kangkangi 2 Legenda Portugal

1. Pencetak Gol Terbanyak Portugal

Di Piala Dunia 2022 ini, Cristiano Ronaldo berpotensi menjadi pencetak gol terbanyak Portugal di ajang empat tahunan itu.

Saat ini, eks mega bintang Real Madrid itu baru mengoleksi tujuh gol dalam 17 penampilannya di Piala Dunia bersama Portugal. Catatan itu masih kalah dari legenda Portugal, yakni Eusebio, yang telah mencetak sembilan gol dari enam penampilan di Piala Dunia.

Cristiano Ronaldo pun berpotensi melampaui rekor tersebut, mengingat ia hanya membutuhkan tiga gol saja untuk melampaui rekor Eusebio.

Tiga gol bukanlah hal yang sulit bagi Cristiano Ronaldo. Apalagi di Piala Dunia 2018 lalu ia mampu mencetak tiga gol hanya dalam satu pertandingan.

2. Pencetak Assist Terbanyak Portugal

Selain berpotensi melewati rekor Eusebio sebagai pencetak gol terbanyak Portugal di ajang Piala Dunia, Cristiano Ronaldo juga berpotensi melewati rekor assist Luis Figo di ajang ini.

Hingga artikel ini dibuat, Luis Figo menjadi pemain Portugal yang paling banyak mencetak assist di Piala Dunia, yakni dengan lima assist.

Sedangkan Cristiano Ronaldo sendiri baru mencetak dua assist di Piala Dunia bagi Portugal dalam 17 kali penampilannya di ajang ini. Dengan perbedaan tiga assist saja, Cristiano Ronaldo bisa menyamai atau bahkan melewati torehan seniornya tersebut dan masuk buku rekor Portugal.

Namun untuk melewatinya, Cristiano Ronaldo harus mengesampingkan egonya mencetak gol dan mulai bermain sebagai tim untuk menjadi penyuplai gol bagi rekan-rekannya.

Rekor Penampilan dan Hattrick

3. Rekor Penampilan di Piala Dunia

Jika masuk dalam skuad Portugal arahan Fernando Santos untuk Piala Dunia 2022, maka Cristiano Ronaldo berpotensi menjadi penampil terbanyak Portugal di ajang ini.

Pasalnya, Cristiano Ronaldo telah tampil bersama Portugal di empat edisi Piala Dunia, yakni di edisi 2006, 2010, 2014, dan 2018. Jika ia bermain walau hanya satu menit saja di Piala Dunia 2022, maka Cristiano Ronaldo akan tampil di lima edisi Piala Dunia berbeda.

Sebelum dirinya, tak ada satupun pemain Portugal yang mampu mencatatkan hal tersebut. Sehingga hal ini akan menjadi rekor tersendiri baginya.

Jika hal ini terjadi, maka Cristiano Ronaldo akan menyamai sederet legenda yang telah tampil di lima edisi Piala Dunia seperti Antonio Carbajal (Meksiko), Lothar Matthaus (Jerman), dan Rafael Marquez (Meksiko.

4. Pencetak Hattrick Tertua di Piala Dunia

Cristiano Ronaldo sejatinya sudah memegang rekor pencetak Hattrick tertua di Piala Dunia, saat membuatnya di Piala Dunia 2018 lalu ke gawang Spanyol pada usia 33 tahun 130 hari.

Tapi rekor ini belumlah aman, mengingat banyak penyerang top di Piala Dunia 2022 yang berusia di atas 33 tahun dan bisa menyalip rekornya tersebut.

Sehingga, mau tak mau Cristiano Ronaldo harus mengalahkan rekornya sendiri itu dan mencetak Hattrick di Piala Dunia 2022. Jika berhasil mencetak Hattrick di Piala Dunia 2022, maka dirinya akan mematenkan rekor pencetak Hattrick tertua di ajang empat tahunan itu pada usianya yang saat ini 37 tahun.

Motivasi untuk memecahkan rekor ini pun diyakini terjaga di benak Cristiano Ronaldo. Apalagi ia mengincar rekor pencetak gol terbanyak Portugal di Piala Dunia yang dipegang Eusebio.

Sumber: indosport.com