HETANEWS.com - Seorang pria yang diduga menyebabkan kebakaran besar di sebuah kelab malam di Kota Kostroma, Rusia, ditangkap polisi.

Peristiwa nahas yang terjadi pada Sabtu (5/11) dini hari waktu setempat itu menewaskan sedikitnya 15 orang.

“Aparat kepolisian mengidentifikasi dan menahan tersangka [di balik] tindakan melanggar hukum di sebuah tempat hiburan malam di kota Kostroma, yang mengakibatkan kebakaran dan menelan korban jiwa,” bunyi pernyataan pihak kepolisian lokal, seperti dikutip dari TASS.

“Tersangka saat ini telah diserahkan kepada otoritas investigasi,” imbuh pernyataan tersebut.

Terkait hal ini, Komite Investigasi Rusia telah membuka penyelidikan, dinamakan ‘tindakan kriminal yang menyebabkan kematian akibat kelalaian’.

Menurut laporan awal, Gubernur Kostroma Sergei Sitnikov menuturkan, 13 orang tewas dalam insiden tersebut. Tetapi, layanan darurat mengatakan telah menemukan dua mayat baru lainnya.

“Dua mayat lagi ditemukan. Ini berarti jumlah korban sekarang 15 orang,” ungkap mereka.

Petugas pemadam kebakaran bekerja untuk memadamkan api di sebuah kafe di Kostroma, Rusia. Foto: Kementerian Darurat Rusia/via REUTERS

Ketika insiden terjadi, kelab malam ‘Poligon’ yang cukup ternama di kota itu sedang dipadati pengunjung, otoritas setempat melaporkan sejumlah 250 orang berhasil dievakuasi dari dalam gedung saat api mulai menyeruak.

Petugas pemadam kebakaran mengatakan, api mulai tampak mulai sekitar pukul 02.00 pagi waktu setempat dan baru berhasil dipadamkan beberapa jam setelahnya, yakni pukul 07.30 pagi.

Kobaran api telah menyebar lebih dari 3.500 meter persegi, melalap gedung pertokoan dan salon yang terletak di sekitar kelab malam Poligon.

“Dibutuhkan 50 orang untuk memadamkan api dan 20 mobil pemadam kebakaran dikerahkan,” kata salah seorang petugas pemadam kebakaran.

Ia menambahkan, api sangat sulit dipadamkan, lantaran bangunan kelab malam Poligon sudah tua dan berisiko untuk runtuh.

Petugas pemadam kebakaran bekerja untuk memadamkan api di sebuah kafe di Kostroma, Rusia. Foto: Kementerian Darurat Rusia/via REUTERS

Mengutip laporan dari layanan darurat, kebakaran diduga dipicu oleh salah seorang pengunjung yang pada malam itu tampak berada di bawah pengaruh alkohol dan mulai melepaskan tembakan pistol saat ia berada di lantai dansa.

“Dia [tersangka] menghabiskan waktu di bar dengan seorang wanita, memesan bunga kepadanya, dengan pistol suar di tangannya,” tutur salah seorang sumber di lokasi kejadian.

“Kemudian dia pergi ke lantai dansa dan menembakkannya,” imbuhnya.

Kostroma adalah salah satu kota tertua di Rusia dan berjarak 300 km dari ibu kota Moskow. Kota berpopulasi sekitar 230.000 jiwa ini berada di pinggir Sungai Volga — sungai terpanjang di Eropa.

Kota ini terkenal dengan arsitektur abad pertengahan dan katedral-katedral Ortodoks kuno.

Sumber: kumparan.com