JAKARTA, HETANEWS.com - Pertandingan Barcelona vs Almeria akan menjadi laga terakhir Gerad Pique pada Minggu, 6 November 2022. Pemain bertahan Barcelona, Gerard Pique memutuskan pensiun dari dunia sepak bola pada kamis, 3 November 2022 waktu setempat.

Bergabung Barcelona pada tahun 2004, Gerard Pique mengumumkan pensiun dari akun media sosial Twitter pribadinya yang telah verifikasi. Pada unggahan tersebut, Gerard Pique menyatakan laga melawan Almeria akan jadi laga terakhirnya berseragam Barcelona.

"Pertandingan Sabtu (melawan Almeria) akan menjadi pertandingan terakhir saya di Camp Nou," tulis Gerard Pique via Twitter seperti dikutip AFP.

Bek veteran itu mempersembahkan tiga gelar juara Liga Champions kepada klub masa kecilnya itu dan juga Piala Dunia 2010 serta Euro 2012 untuk Spanyol.

"Saya ingin memberitahu Anda semua bahwa saya sudah memutuskan saatnya tiba untuk mengakhiri perjalanan ini," kata pemain berusia 35 tahun itu.

Dalam unggahanya, Gerad Pique memperlihatkan dirinya masih anak kecil yang menonton laga Barceloa sambil mengenakan kostum Blaugrana dan memburu tanda tangan.

"Tak ada tim lain setelah Barca. Saya akan menjadi penggemar beratnya," beber Pique.

"Saya akan mendukung tim ini dan meneruskan cinta saya untuk Barca kepada anak saya. Dan cepat atau lambat, saya akan kembali," pungkasnya.

Pertandingan Barcelona vs Almeria akan bermain di Stadion sportify Camp Nou, pada Minggu, 6 November pukul 03.00 WIB.

Karier Gemilang Gerard Pique

Lahir di Barcelona, Catalonia, Gerad Pique memulai kariernya di tim muda Barcelona sebagai gelandang bertahan.

Akan tetapi tetapi sebelum ia menandatangani kontrak profesional pertamanya dengan klub, Gerard Pique memutuskan untuk bergabung dengan Manchester United.

Raksasa Liga Inggris itu tidak membayar biaya untuk Gerard Pique karena dia terlalu muda untuk memiliki kontrak profesional.

Gerard Pique melakukan debutnya untuk Manchester United pada Oktober 2004, sebagai bek tengah, pengganti John O'Shea pada menit ke-67 dalam kemenangan 3-0 di Piala Liga di Crewe Alexandra.

Dia melakukan debut penuhnya pada Januari 2005 dalam hasil imbang 0-0 di Piala FA dengan Exeter City.

Gerard Pique membuat debut Liga Inggris pada 15 Oktober 2005, sekali lagi sebagai pengganti O'Shea, dalam kemenangan 3-1 atas Sunderland.

Awal tampil perdana di Liga Inggris datang pada 29 Maret 2006 melawan West Ham United di Old Trafford, bermain di bek kanan, karena Gary Neville tidak tersedia karena cedera.

Lalu pada 4 Agustus 2006, klub LaLiga Spanyol Real Zaragoza mengamankan Gerard Pique dengan status pinjaman selama satu musim.

Kondisi pinjaman melibatkan Gerard Pique harus tampil dalam setidaknya 20 pertandingan untuk klub Real Zaragoza, yang dia lakukan.

Karena dia membuat 22 penampilan untuk tim utama bersama rekan duet yang sukses, bersama pemain Argentina Gabriel Milito, baik sebagai bek tengah atau gelandang bertahan.

Sepanjang membela Manchester United, Gerard Pique hanya mencatatkan 12 penampilan tanpa mencetak gol satupun.

Sementara saat dipinjamkan ke Real Zaragoza, pemain yang lahir 2 Februari 1987 silam ini membukukan 22 kali penampilan dengan dua gol.

Pada 27 Mei 2008, Gerard Pique menandatangani kontrak empat tahun dengan Barcelona, dengan klausul pembelian €5 juta. Barcelona membayar biaya 5 juta poundsterling untuk sang pemain.

Gerard Pique mengungkapkan kegembiraannya saat menandatangani kembali dengan klub masa kecilnya, meskipun dia mengakui bahwa telah menikmati kariernya di Manchester United.

"Saya sangat senang bisa kembali, saya tidak berpikir saya akan berada di sini lagi tetapi ini sangat baik untuk saya," kata Pique dilansir The Guardian.

"Manchester United adalah klub yang hebat dan saya menikmati memenangkan banyak hal," tambahnya.

"Bermain dengan pemain kelas dunia telah membantu saya dan sekarang saya ingin melanjutkan ini di Barca," jelas Pique.

Bersama Barcelona hingga akhirnya pensiun, karier Gerard Pique begitu gemilang dan sangat luar biasa.

Gerard Pique kembali ke Barcelona pada 2008 di bawah kepemimpinan Pep Guardiola dan membantu klub memenangkan treble pada 2008-09 dan2014-15.

Mantan suami Shakira ini adalah salah satu dari hanya empat pemain yang telah memenangkan Liga Champions UEFA dua tahun berturut-turut dengan tim yang berbeda.

Sebelum Gerard Pique ada sosok-sosok seperti Marcel Desailly, Paulo Sousa, dan Samuel Eto'o yang sempat meraih capaian tersebut. Bersama Barcelona hingga pensiun, Gerard Pique sudah membuat 396 penampilan dan 29 gol sepanjang kariernya.

Selain level klub, bek dengan tinggi 194 cm ini juga turut andil dalam tim nasional Spanyol senior, meskipun dia kelahiran Catalan. Gerard Pique juga telah mewakili Spanyol sebanyak 102 kali, usai pertama kali melakukan debutnya pada 11 Februari 2009.

Pemain bernomor punggung 3 di Barcelona ini memainkan peran vital untuk Spanyol yang memenangkan Piala Dunia FIFA 2010 dan UEFA Euro 2012.

Gerard Pique pun memilih pensiun dari tim nasional Spanyol setelah Piala Dunia FIFA 2018 yang hanya finis di 16 besar saja. Selian itu bek berusia 35 tahun ini sempat membela tim nasional Catalan sejak 2008 hingga saat ini dengan membuat 10 penampilan tanpa gol.

Jika bicara gelar, Gerard Pique sudah merasakan trofi Liga Inggris, Community Chield, hingga Liga Champions bersama Manchester United.

Lalu dengan Barcelona, Pique sudah pernah meraih LaLiga Spanyol, Copa del Rey, Supercopa de Espana, Liga Champions, Piala Super UEFA, dan Piala Dunia Antarklub.

Sumber: fin.co.id