HETANEWS.com - Matchday terakhir fase grup Liga Champions 2022/23 sudah usai dihelat pada Kamis (3/11) dini hari WIB. 16 klub yang melaju ke babak berikutnya pun sudah didapatkan.

Bayern Muenchen menjadi tim yang menjalani fase grup dengan sempurna. Die Roten berhasil menyapu bersih enam laga Grup C dengan kemenangan. Bayern lolos ke 16 besar sebagai pemuncak Grup C dan ditemani Inter Milan sebagai runner-up.

Kemudian, ada tiga tim lainnya yang juga lolos ke 16 besar tanpa sekalipun menderita kekalahan, yakni Manchester City, Benfica, dan Paris Saint-Germain. Tak seperti Bayern, ketiganya alami dua hasil imbang dalam enam laga fase grup.

Man City melaju ke 16 besar sebagai pemuncak Grup G. Sedangkan, Benfica dan PSG merupakan wakil dari Grup H, di mana keduanya sama-sama mengoleksi 14 poin. Namun, Benfica yang menjadi pemuncak grup.

Fase grup Liga Champions musim ini juga memunculkan kejutan. Ada dua tim elite Eropa yang gagal melangkah ke 16 besar, yakni Barcelona dan Juventus.

Barcelona harus puas mengakhiri fase grup di peringkat ketiga Grup C, sedangkan Juventus menduduki peringkat ketiga Grup H. Kedua tim tersebut akan melanjutkan perjalanan di ajang Liga Europa.

Daftar Lengkap Klub yang Lolos ke 16 Besar Liga Champions