HETANEWS.com - Pertandingan Liga Champions antara Liverpool vs Napoli pada Rabu (02/11/22) dini hari WIB bakal menandai milestone tersendiri bagi seorang Jurgen Klopp. Pelatih asal Jerman ini memang sudah cukup lama menangani The Reds - menciptakan tim juara yang meraih banyak trofi bergengsi.

Ketika para rival di Liga Inggris banyak yang tidak sabaran dengan membongkar pasang kursi pelatih maupun manajer mereka, Liverpool tetap setia pada Jurgen Klopp.

Kesetiaan dan kepercayaan tersebut pun pada akhirnya dibayar lunas dengan rentetan gelar di Inggris maupun Eropa. Kesuksesan Jurgen Klopp pun juga diganjar perpanjangan kontrak berdurasi dua tahun. Dengan ini, masa baktinya pun bertambah hingga 2026 mendatang.

Meski saat ini tengah disorot lantaran The Reds tampil terseok-seok d awal musim, Jurgen Klopp tetap dipandang sebagai sosok spesial di mata publik Anfield.

Bahkan, masa baktinya yang terhitung lama pun berhasil membawanya meraih milestone hebat di laga terakhir Grup A Liga Champions 2022-2023. Berdasarkan laporan This Is Anfield, Liverpool vs Napoli nanti malam akan menandakan laga ke-400 Jurgen Klopp sebagai manajer The Reds.

Sebagai informasi, sejauh ini (399 laga), Jurgen Klopp telah mencatatkan 248 kemenangan, 91 hasil imbang, dan 70 kekalahan. Dengan demikian, persentase kemenangan pelatih berusia 55 tahun tersebut di Liverpool mencapai angka 62,16 persen.

Malam Spesial untuk Jurgen Klopp

Angka 400 yang bakal dicatatkan Jurgen Klopp di pertandingan Liverpool vs Napoli dini hari nanti akan bertengger di peringkat empat di bawah trio manajer legendaris The Reds sepanjang masa. Mereka adalah Bill Shankly (783), Tom Watson (742), dan Bob Paisley (535).

Raihan-raihan itu tentu saja sejalan dengan masa pengabdian mereka jauh sebelum Jurgen Klopp merapat pada 2015. Bahkan bukan tidak mungkin, rekor Bob Paisley nantinya juga bakan tersalip, apalagi jika Jurgen Klopp berhasil menuntaskan masa kontraknya dengan sempurna hingga 2026 mendatang.

Ya, setelah memperpanjang kontrak di Liverpool, Jurgen Klopp memang menasbihkan diri sebagai salah satu manajer paling setia yang pernah membesut juara enam kali Liga Champions tersebut.

Jika menyelesaikan kontraknya pada 2026 mendatang, Jurgen Klopp akan telah membesut Liverpool selama 10 tahun 8 bulan alias satu dekade lebih.

Dengan demikian, catatan tersebut akan melampaui milik Bob Paisley yang mengabdi sebagai manajer Liverpool selama 8 tahun 11 bulan. Sementara itu, terkait dua nama lainnya yakni Tom Watson dan Bill Shankly, masih unggul dibanding Bob Paisley dan Jurgen Klopp.

Mereka masing-masing tercatat sudah mengabdi di Liverpool selama 18 tahun 9 bulan dan 14 tahun 7 bulan. Kini Jurgen Klopp tentu berharap bisa meraih hasil maksimal di pertandingan Liga Champions antara Napoli vs Liverpool, agar malam Eropanya nanti lebih berkesan dari biasanya.

Jelang Liverpool vs Napoli

Napoli sendiri bukan musuh baru bagi Liverpool. Mereka pernah juga berada di grup yang sama pada musim 2018-2019 dan 2019-2020. Pada 2022-2023 ini, Partenopei ternyata jauh lebih unggul dari The Reds di Grup A. Bagaimana tidak? Mereka berhasil menyapu bersih seluruh laga dengan kemenangan.

Dari lima matchday yang telah dilalui, sang wakil Italia sudah mengumpulkan 15 poin, sedangkan The Reds baru 12. Meski begitu, keduanya sama-sama beruntung lantaran sukses menginjakkan kaki di 16 besar sebagai juara dan runner-up grup.

Hanya saja perjuangan Jurgen Klopp di pertandingan Liverpool vs Napoli nanti tidak akan mudah, usai di pertemuan sebelumnya kalah lumayan telak dengan skor 1-4. Pelatih yang satu ini nampaknya memang tidak berjodoh setiap main di Naples, entah saat membesut Liverpool maupun sebelumnya.

Di pertemuan pertama di Grup A Liga Champions 2022-2023, Napoli mengamuk melalu empat biji gol, sedangkan Liverpool cuma bisa mencetak satu angka lewat Luis Diaz.

Sekarang dengan tiket 16 besar sudah di tangan, Liverpool tentu sudah tidak punya beban lagi. Akan tetapi, mereka dipastikan tetap memburu kemenangan demi nama dan reputasi.

Di sisi lain, Napoli jelas tidak mau kalah lantaran sejauh ini telah mencatatkan kemenangan sempurna dengan 15 poin. Sangat bisa diyakini, mereka akan berusaha menekuk Liverpool di Anfield demi finis sebaga juara Grup A Liga Champions 2022-2023 yang menghasilkan 18 poin.

Sumber: indosport.com