JAKARTA, HETANEWS.com-

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyelenggarakan Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional 2022 pada 28-30 Oktober 2022. kegiatan ini berlangsung secara Hybrid dengan lokasi offline di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menjelaskan, peminat dari gelaran Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional 2022 ini membludak. Terhitung 100 ribu orang hadir secara online maupun offline.

Jumlah tersebut terdiri atas alumni pendidikan dan pelatihan vokasi, mahasiswa, instruktur, dosen dan guru, praktisi pelatihan, asosiasi profesi/asosiasi industri, pemerhati pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi, serta masyarakat umum.

"Animo masyarakat luar biasa yang mendaftarkan untuk mengikuti kegiatan ini lebih dari 100 ribu (orang)," kata Menaker di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan pada Minggu (30/10).

Menurut Menaker Ida, animo yang tinggi tersebut menunjukkan masyarakat ingin melihat langsung bagaimana kesiapan pemerintah dalam menyiapkan kompetensi bagi masyarakat.

"Pemerintah siap mennyiapkan kompetensi bagi masyarakat, baik bagi masyarakat yang membutuhkan skilling, upskilling, atau reskilling," ucapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, Kemnaker telah melakukan berbagai inovasi guna menjawab otomasi dan digitalisasi. Berdasarkan data yang dimilikinya, banyak perusahaan yang kesulitan mencari pekerja yang memiliki kompetensi terkait digital.

"Maka kami ingin mengajak kepada masyarakat bahwa kami siap menghadapi digitaliasi. Temen-temen (media) bisa melihat sendiri Inovasi-inovasi yang kami lakukan (di pameran festival pelatihan vokasi ini)," ucapnya.

Sebelumnya, Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor resmi membuka Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta. Gelaran ini menyediakan sekitar 22 ribu lowongan kerja di berbagai bidang.

Untuk diketahui, Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional ini akan dilaksanakan selama 3 hari. Yakni, 28-30 Oktober 2022. Acara ini merupakan puncak dari penyelenggaraan Bulan Pelatihan Vokasi Nasional (BPVN) Tahun 2022. Sekaligus menyusul gelaran Open House Pelatihan Vokasi di Balai Pelatihan Vokasi se-Indonesia pada 17-21 Oktober 2022.

Afriansyah Noor mengatakan kalau gelaran ini mewadahi sekitar 175 perusahaan. Dari jumlah itu, akan dibuka sekitar 21 ribu lowongan kerja.

"Saya diminta untuk membuka acara, hari ini keterangan pak Dirjen hadir 175 perushaaan dan akan membuka lowongan 22 ribu lebih lapangan kerja," kata dia dalam seremoni pembukaan Fistival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional, di JCC Senayan, Jumat (28/10/2022).

Tidak Dipungut Biaya

Dia berharap gelaran ini bisa membuka peluang bagi masyarakat yang tengah mencari kerja. Dia juga menyebut kalau gelaran ini bisa diikuti oleh seluruh kalangan tanpa dipungut biaya.

"Mudah-mudahan dengan pameran ini bisa membuka wawasan luas dari Kemnaker untuk semua warga," kata dia.

"Ini terbuka untuk umum dan bisa disaksikan dan tidak dipungut biaya apapun mudah-mudahan sukses lancar," tambahnya.

Menurut pantauan Liputan6.com di lapangan, ada puluhan posko balai pelatihan kerja yang menampilkan berbagai keahliannya. Mulai dari bidang otomotif, kuliner, fesyen, hingga pertanian dan peternakan.

Adapun untuk info dan pendaftaran bisa diakses melalui website https://fpv.kemnaker.go.id/. Pengunjung juga bisa melakukan registrasi di bagian depan Hall-A JCC Senayan, Jakarta.