MEDAN, HETANEWS.com - Slogan, maskot dan logo Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024 Aceh-Sumatera Utara, resmi diluncurkan bersamaan dengan pembukaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumut 2022 di Gedung Serbaguna Pemprov Sumut Jalan Pancing Medan, Sabtu (29/10/2022) petang.

Peluncuran yang dilakukan langsung oleh Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, selaku Ketua Umum PB PON, didampingi Sekretaris Umum Panitia Inti PB PON Wilayah Sumut, H. Afifi Lubis, Ketua KONI Sumut, John Ismadi Lubis, Wakil Ketua KONI Pusat, Suwarno dan Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting serta Kadispora Sumut, Tuahta Ramajaya Saragih.

Mantan Pangkostrad itu mengatakan, Porprov Sumut yang dilangsungkan 29 Oktober sampai 5 November 2022, menjadi ajang persiapan awal untuk menghadapi PON Aceh-Sumut 2024 yang tinggal kurang dari dua tahun lagi.

"Banyak hal yang harus kita buat untuk PON 2024. Ini bukan kegiatan politik, ini adalah kegiatan besar untuk kebanggaan Sumut. Apapun harus kita lakukan bersama untuk besarkan Sumut yang kita cintai," ucap Edy Rahmayadi di hadapan ribuan atlet dari 33 Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara.

Sebelumnya Kadispora Sumut mengatakan, sayembara logo, maskot dan tagline yang digelar dari 9 September hingga 3 Oktober 2022 akhirnya berhasil menentukan juara dari tiap-tiap kategori sayembara.

Mulai 4 Oktober, panitia dan dewan juri melakukan verifikasi dan penilaian. Sebanyak 183 peserta sayembara logo, 50 peserta sayembara maskot untuk Sumut dan 56 peserta sayembara dari berbagai daerah dengan beragam latar belakang ikut berpartisipasi dalam sayembara ini.

"Hari ini bersamaan dengan Pembukaan Porprov Sumut ke-XI tahun 2022 di GSG Pemprovsu, Dispora dengan resmi mengumumkan pemenang sekaligus penyerahan hadiah dan sertifikat sayembara maskot, logo, dan tagline PON XXI Aceh-Sumut tahun 2024," ucap Tuahta.

Logo yang terpilih sebagai pemenang merupakan karya Anto Wibowo dari Jakarta yang memadukan elemen rencong, kain ulos batak, dan kain songket melayu.

Maskot bernama Matra (singkatan dari Harimau Sumatera) karya Daru Redono asal Malang terpilih menjadi pemenang untuk sayembara maskot wilayah Sumut. Sedangkan slogan ajuan Ahmat Sutra asal Medan, yakni Bersatu Kita Juara, terpilih menjadi pemenang sayembara slogan.

Pemenang sayembara logo dan maskot masing-masing mendapatkan hadiah uang tunai Rp30 juta, sedangkan pemenang sayembara slogan memperoleh Rp10 juta.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk sayembara lagu tema sudah dibuka mulai 29 Oktober 2022 sampai 29 November 2022, dengan judul lagu tema PON XXI Aceh-Sumut tahun 2024 "Bersatu Kita Juara" pungkasnya.

Keputusan pemenang sayembara ini telah melalui proses penilaian dalam rapat khusus dengan memperhatikan berbagai macam kriteria, dan telah dituangkan dalam surat keputusan dewan juri sayembara logo dan tagline bernomor 001/KPTS/DJSLT Aceh-Sumut/X/2022, dan surat keputusan dewan Juri sayembara maskot nomor 01/KPTS/DJM Sumut/X/2022.

Sumber: tvonenews.com