JAKARTA, HETANEWS.com -Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan metaverse atau alam semesta dalam konsep virtual yang terhubung dengan Ibu Kota Nusantara (IKN). Peluncuran itu dilakukan di Djakarta Theater, Jakarta.

"Sore hari ini secara resmi saya luncurkan Jagat Nusantara,” ujar Jokowi di Djakarta Theater, Jakarta, Jumat, 28 Oktober 2022.

Peluncuran itu ditandai dengan penekanan tombol oleh Jokowi didampingi Kepala Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono dan pendiri Avatara Jagat Nusantara Wishnutama Kusubandio.

Dunia virtual Jagatio merupakan platform dunia virtual pertama di Indonesia yang terhubung dengan kota nyata, yakni Ibu Kota Nusantara (IKN).

Pada acara peluncuran itu, muncul avatar Presiden Jokowi pada layar yang menampilkan video dengan berbagai aktivitas di IKN dalam alam virtual.

Ibu kota negara akan pindah dari Jakarta ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Utara. Berbagai pembangunan infrastruktur sudah dilakukan pemerintah untuk mempersiapkan perpindahan tersebut.

Presiden sudah meninjau langsung pembangunan infrastruktur di kawasan IKN. Bahkan, Presiden menyebut sejumlah proyek infrastruktur, seperti pembangunan bendungan, pengembangan lahan, serta akses jalan, sudah berjalan dengan baik.

Presiden menuturkan kemajuan pekerjaan secara keseluruhan dapat terlihat pada Januari 2023. Kemajuan pembangunan pusat perekonomian baru juga akan terlihat, sehingga diharapkan pembangunan wilayah IKN dapat terus berjalan dengan baik.

"Pada Januari nanti, insyaallah bukan hanya gedung-gedungnya pemerintah, tetapi private sector, sektor swasta, investor, PPP (public private partnership) sudah pada masuk dan mulai (membangun). Ini yang nanti akan menggeliatkan IKN betul-betul sebagai pusat perekonomian baru dan kita harapkan ini terus bergerak," ujar Jokowi saat berada di Bendungan Sepaku, 70 km barat laut Balikpapan, Selasa, 25 Oktober 2022.

Sumber: medcom.id