MEDAN, HETANEWS.com - Jeka Saragih fighter Indonesia pertama yang akan dikontrak perusahaan promotor seni bela diri campuran asal Amerika Serikat, Ultimate Fighting Championship (UFC). Dia menjadi sorotan usai semifinal Road to UFC di Etihad Arena, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Nama Jeka Saragih pun menjadi trending topic twitter usai kemengannya tersebut. Penasaran dengan sosok Jeka Saragih? berikut faktanya.

Fakta Jeka Saragih Fighter Indonesia Pertama Bakal Dikontrak UFC

1. Pemuda asal Simalungun

Fakta Jeka Saragih, Pemuda asal Simalungun (Foto: Twitter/@sofwan93)

Pemuda dengan nama lengkap Jeka Asparido Saragih ini lahir 3 Juli 1995, di Simalungun, Sumatera Utara. Keikutsertaanya di ajang taruh bebas pun membuat bangga warga Simalungun.

Dia pun tergabung dalam atlet bela diri asuhan Batam Fighter Club (BFC) asal Dusun Bah Pasussang.

2. Pernah Tekuni Wushu

Talenta Jeka Saragih rupanya mulai terlihat sejak dia duduk di bangku SMA. Awalnya dia menemukuni wushu hingga pertandingan di Filipina pada 2013 tanpa juara.

Meski kalah, Jeka Saragih terus menekuni bela diri wushu hingga ia berhasil memenangkan kejurnas wushu di Yogyakarta mewakili Sumut.

Pada tahun 2015, Jeka Saragih sempat ingin mengikuti Pekan Olah Raga Nasional di Sumatera Utara. Niatan itu rupanya tak direstui orang tua.

3. Jadi Pekerja Galangan

Fakta Jeka Saragih, Pernah Jadi Pekerja jadi Galangan Kapal (Foto: Instagram/Jeka Saragih)

Fakta Jeka Saragih selanjutnya yakni, dia pernah bekerja jadi pekerja di Batam sebagai galangan kapal di PT SMOE. Di sela-sela kesibukan bekerja, Jeka Saragih tetap mengasah kemampuan bela dirinya.

Hingga akhirnya dia magang di sasana Batam Fighter Club (BFC) milik Yakop Sutjipto. Jeka Saragih mendapat tawaran dari pemilik BFC untuk ikut kejuaraan One Pride di salah satu televisi nasional yang mempertandingkan para petarung MMA.

4. Sang Monster dari Indonesia

Fighter Indonesia, Jeka Saragih (kedua dari kanan) lolos ke final Road to UFC usai meng-KO petarung Korsel, Won Bin Ki di Etihad Arena, Minggu (23/10/2022). (Foto: Instagram/@fransinotirta)

Penampilan Jeka Saragih usai melawan Won Bin Ki di Etihad Arena, Abu Dhabi, Minggu (23/10/2022) begitu menyita sejumlah pihak. Netizen pun menyebut Jeka Saragih dengan sebutan Sang Monster dari Indonesia.

"Ketika Jeka meledak lebih baik perhatikan dagumu! Saya bisa lihat kemenangan beruntunnya akan tinggi," cuit @Murcielago_MMA.

"Jeka Saragih monster dari Indonesia," kata @berbagitawa.

5. Gabung UFC

Fighter Indonesia, Jeka Saragih selangkah lagi menandatangani kontrak dengan UFC. (Foto: Instagram/@jekasaragih)

Jeka Saragih bakal menjadi fighter Indonesia pertama yang akan dikontrak Ultimate Fighting Championship (UFC). Sejumlah ucapan selamat juga datang dari Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi. Edy mengungkap perjuangan Jeka Saragih dari awal kariernya sebagai atlet tarung memang.

"Penuh perjuangan dan rintangan demi mengejar mimpinya, hingga akhirnya berhasil menembus babak semifinal ajang tarung bebas paling bergengsi di dunia, UFC dan menjadi satu-satunya atlet asal Indonesia yang berhasil lolos di ajang tersebut dari 5 orang atlet," tulis Edy di akun Instagramnya.

Itu fakta Jeka Saragih yang menjadi fighter Indonesia pertama bakal dikontrak UFC.

Sumber: inews.id