SLEMAN, HETANEWS- Situs Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Gadjah Mada (UGM) diretas. Pihak UGM mengatakan situs yang diretas itu sudah dalam proses maintenance dari tim Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi (DSSDI) UGM.

"Saat ini insiden keamanan telah ditangani oleh Tim DSSDI UGM," kata Kabag Humas dan Protokol UGM Dina W Kariodimedjo saat dimintai konfirmasi wartawan, seperti dilansir detikJateng, Senin (24/10/2022).

Ke depan, Dina memastikan akan melakukan langkah pencegahan dan evaluasi untuk menjaga keamanan situs.

Dilihat detikJateng, Senin (24/10) pukul 09.00 WIB, situs beralamat fib.ugm.ac.id itu diduga masih dalam kendali hacker. Hacker yang menamakan dirinya 'bangsin' itu menuliskan isu jual beli konten seksual yang melibatkan mahasiswa dan meminta pihak universitas untuk menindaklanjuti dengan serius.

Di atas laman tersebut, pihak hacker meninggalkan pesannya.

HALLO BANGSIN WAS HERE

GRETINGS FROM AKTIVIST INDONESIA
"KAMI MENEMUKAN BEBERAPA KONTEN SEKSUAL SEDANG DI PERJUAL BELIKAN DI SEBUAH FORUM YANG MELIBATKAN MAHASISWA INDONESIA DENGAN ATRIBUT IDENTITASNYA, TENTUNYA INI SANGAT MENCORENG GENERASI BANGSA YANG TIDAK PATUT MENJADI CONTOH"

Dilihat detikJateng, pukul 10.43 WIB, tampilan situs FIB UGM kini sudah kembali normal. Tidak ada lagi soal tampilan 'bangsin' yang menuliskan isu jual beli konten seksual yang melibatkan mahasiswa.