JATENG, HETANEWS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan siap menjadi calon presiden 2024. Wakil Ketua Umum NasDem Ahmad Ali mengakui Ganjar bisa dipertimbangkan untuk berpasangan dengan Anies Baswedan sebagai calon wakil presiden.

"Semua kemungkinan itu ada. Pak Ganjar, pak Anies, dan pak Andika ini kan menjadi rekomendasi oleh rakernas. Artinya bahwa tiga figur ini paling layak kemarin oleh Nasdem. Ini juga sejalan dengan hasil survei," kata Ali kepada wartawan, Kamis (20/10).

Namun, kata Ali, dalam berpolitik ada etika yang harus dijaga. Ganjar saat ini masih merupakan kader PDI Perjuangan.

"Di sisi lain kita dalam berpolitik tentunya kita harus menjaga fatsun, ada etika. Jadi seorang kader partai seharusnya harus memiliki etika, begitu juga dalam mencalonkan orang juga harus memiliki etika," ucap Ali.

Saat ini tinggal bagaimana sikap PDIP. Apakah partai berlambang banteng itu akan mencalonkan Ganjar atau tidak.

Kata Ali, pada saat NasDem memberikan rekomendasi kepada Ganjar, tidak dijawab lantaran masih berstatus kader PDIP.

"Semua akan menunggu keputusan PDIP, nah pernyataan mas Ganjar itu apakah pernyataan di luar dari PDIP, atau itu pernyataan dia memberikan warning untuk PDIP, untuk segera mengumumkan, atau justru tanda bahwa PDIP segera akan mengumumkan beliau, atau sinyal untuk partai lain melamar beliau," ujar Ali.