KATALAN, HETANEWS.com -Presiden Barcelona Joan Laporta menegaskan bahwa Xavi Hernandez mendapatkan kepercayaan dari semua orang di klub sebagai pelatih. Barcelona tampil impresif di La Liga Spanyol musim ini dengan catatan tujuh kemenangan dalam delapan pertandingan.

Blaugrana tak terkalahkan musim ini dengan hanya kebobolan satu kali namun mencetak 20 gol. Barca duduk di puncak klasemen sementara La Liga, meskipun memiliki poin yang sama dengan Real Madrid jelang E Clasico, Ahad (16/10/2022) malam WIB.

Tetapi perjalanan Barcelona di Liga Champions di ujung tanduk. Blaugrana berpeluang besar gugur di fase grup setelah hanya bermain imbang 3-3 melawan Inter Milan pertengahan pekan kemarin.

Barca duduk di posisi ketiga Grup C yang terpaut tiga poin dari Inter di urutan kedua. Inter akan lolos ke babak 16 besar menemani Bayern Muenchen jika menang atas Viktoria Plzen di laga berikutnya.

Atas fakta Barcelona di Eropa muncul keraguan terhadap kemampuan Xavi melatih tim. Namum Laporta menegaskan semua orang percaya kepada Xavi.

“Saya masih memiliki kepercayaan yang sama pada tim dan staf pelatih. Ini adalah tim yang sedang dibangun, kami tahu kami harus mengubah banyak hal,” kata Laporta kepada Barca TV dilansir dari Sportsmole, Sabtu (15/10/2022).

Menurut Laporta, skuad Barcelona sekarang mampu bersaing dengan klub-klub besar Eropa. Hanya saja, Barca memerlukan penyesuaian dengan pemain baru. Laporta menegaskan, tujuan utama Barcelona adalah memenangkan La Liga.

Laporta yakin Xavi akan memberikan banyak kesuksesan kepada klub. Ia mengaku selalu berbicara dengan Xavi setelah pertandingan. Xavi tampak kesal dan sedih ketika kalah. Namun dia dinilai selalu melihat sisi positif dari situasi yang rumit.

"Saya ingin mengatakan kepada para penggemar bahwa saya ingin mereka terus percaya bahwa kami memiliki tim yang sangat kompetitif dan itu akan memberi kami banyak kegembiraan. Para penggemar harus mendukung Xavi. Xavi membutuhkannya," jelas Laporta.

Laporta menilai El Clasico adalah waktu yang tepat merespons kegagalan menaklukkan Inter. Akan sangat menyenangkan menang atas Madrid di Santiago Bernabeu.

“El Clasico selalu sangat penting, kami memiliki sistem yang lebih baik. Saya berharap menjadi pemimpin di akhir pertandingan. Anda juga akan melihat kemampuan tim untuk menjawab, ketika Anda jatuh yang terpenting adalah bangkit," kata Laporta menegaskan.

Sumber: republika.co.id