HETANEWS.com - Tom Cruise dikabarkan akan melakukan syuting di luar angkasa untuk film terbarunya. Tom Cruise akan mendatangi stasiun luar angkasa (ISS) dan melakukan space walk, menambah satu stunt gila yang dilakukan oleh aktor Mission Impossible berusia 60 tahun tersebut.

Kabar ini pertama kali diketahui publik pada 2020 silam, dan dikonfirmasi kembali oleh pemimpin Universal Studio, Donna Langley, pada awal Oktober 2022. Cruise disebutnya benaran akan melakukan aktivitas space walk di ISS untuk film terbarunya, dan mengatakan bahwa film “itu sendiri benar-benar terjadi di Bumi, dan kemudian karakter perlu pergi ke luar angkasa untuk menyelamatkan hari".

Tom Cruise membawa kita ke luar angkasa. Dia membawa dunia ke luar angkasa. Itu rencananya.

- Donna Langley, Chairwomen Universal Studio -

"Kami memiliki proyek besar yang sedang dikembangkan dengan Tom yang mempertimbangkannya untuk membawa roket ke Stasiun Luar Angkasa. Dan mudah-mudahan dia akan menjadi warga sipil pertama yang melakukan space walk di luar Stasiun Luar Angkasa Internasional. Dia akan menjadii pria sial di situasi sulit yang menemukan dirinya dalam posisi menjadi satu-satunya orang yang bisa menyelamatkan Bumi," tambahnya, seperti dikutip BBC.

Film tersebut belum masuk ke tahap produksi. Jika film tersebut benar-benar sesuai rencana, maka Tom Cruise akan menjadi aktor pertama yang syuting di luar angkasa, dan sipil pertama yang melakukan space walk di ISS.

Astronaut Joseph Tanner melakukan space walk di ISS tahun 2006. Foto: NASA

Apa itu Space Walk?

Space walk adalah aktivitas di mana astronaut keluar dari stasiun dan melayang di luar angkasa, seperti dillansir dari laman NASA. Astronaut, mengenakan pakaian khusus yang disebut EVA suit, akan berjalan ke luar ISS (atau pesawat luar angkasa lain) untuk reparasi instrumen atau memasang partisi baru di ISS. Misi ini berlangsung hingga 8 jam, tergantung pekerjaan yang harus dilakukan.

Selain reparasi, astronaut kadang juga menjalankan eksperimen di luar ISS, sehingga membutuhkan space walk sendiri.

Pakaian astronaut (EVA suit) telah terisi oksigen yang cukup untuk bernapas beberapa jam. Pakaian tersebut harus memiliki tekanan udara yang memadai, dan punya proteksi atas radiasi luar kosmik.

Astronaut Andrew Feustel memasang bagian Wide Field Camera 3 pada teleskop Hubble, 2009. Foto: NASA

Ketika berkeliling di luar kendaraan, astronaut mengandalkan handrail dan seutas tali pengaman yang mencegah astronaut terbang tak terkendali di luar angkasa.

Selain di ISS, astronaut juga melakukan space walk di pesawat ulang alik (space shuttle), dan pesawat luar angkasa lainnya. Rekor space walk terbanyak dilakukan astronaut Rusia (disebut kosmonot) bernama Anatoly Solovyev. Solovyev total melakukan 16 kali space walk dengan durasi kumulatif mencapai 82 jam.

Sumber: kumparan.com