TARUTUNG, HETANEWS.com - Gempa bumi tektonik berkekuatan Magnitudo 3,4 kembali mengguncang Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Provinsi Sumatera Utara, Rabu (12/10/2022) pukul 16.00 WIB. Guncangan gempa ini dirasakan masyarakat yang berada di Tarutung.

Kepala BBMKG Wilayah I Medan Hendro Nugroho mengatakan, gempa bumi ini masih termasuk dalam rangkaian gempa susulan di Tapanuli Utara berkekuatan M5,8 yang terjadi Sabtu (1/10/2022) pukul 02:28 WIB.

"Kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ujarnya, Rabu (12/10/2022).

Dia menjelaskan, jenis dan mekanisme gempa dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter disebabkan aktivitas Sesar Sumatera pada Segmen Renun.

"Berdasarkan laporan masyarakat guncangan dirasakan skala III MMI di Tarutung Ibu Kota Taput dan Parmonangan atau getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Kemudian skala II MMI di Silangit atau getaran dirasakan beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang," katanya.

Hasil analisis BMKG, pusat episenter gempa terletak pada koordinat 2.07 Lintang Utara dan 98.97 Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 6 kilometer Timu rLaut Taput pada kedalaman 1 kilometer.

Sumber: inews.id