HETANEWS.com - Gempa Bumi Tektonik Susulan kembali terjadi di Kota Tarutung Tapanuli Utara dengan kekuatan M 4.5 SR, Kamis (06/10/2022) yamh terjadi sektitar pukul 15:30:59 WIB.

Hasil analisa disampaikan tertulis Kepala BBMKG Wilayah I Medan Hendro Nugroho, S.T, M.Si bahwa Gempa Bumi ini berkekuatan M=4,5. Episenter terletak pada koordinat 2.09 LU dan 98.92 BT.

"Tepatnya berada dilokasi darat pada jarak 9 km Barat Laut Kota Tarutung Tapanuli Utara SUMUT pada kedalaman 2 km." Tulis Hendro Nugroho.

Dia menyebutkan Jenis dan Mekanisme Gempa bumi. Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi disebabkan oleh aktivitas Sesar Sumatera pada Segmen Renun.

Hendro mengatakan Gempa ini masih termasuk dalam rangkaian gempa susulan dari gempa utama Tapanuli Utara M 5,8 tanggal 1 Oktober 2022 pukul 02:28:41 WIB yang lalu.

Dampak Gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di IV MMI di Tarutung (Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi), III MMI di Sibolga, Silangit, Sipahutar, Siborong-borong, Pagaran (Getaran dirasakan nyata dalam rumah.

Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu), II MMI di Humbanghasundutan, Dolok Sanggul dan Toba (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang)

"Kepada Masyarakat dihimbau selalu waspada dan tetap tenang agar tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya." ujar Nugroho

Sedangkan H. Hutagaol Warga Balige Kabupaten Toba yang merasakan getaran gempa yang berpusat di Tarutung merasakan goyangan di rumahnya.

"Gempanya terasa hingga di Balige, lampu gantung dan hiasan dinding terlihat seperti di tiup angin," tutur Hutagaol.