SIMALUNGUN - Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga memberi pengarahan kepada Mahasiswa dalam kegiatan PPKB (Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru).

Bupati memotivasi Mahasiswa untuk meraih prestasi dan memberikan kontribusi untuk membangun Kabupaten Simalungun.

Pemerintah Kabupaten Simalungun, kata Radiapoh, menjalin kerjasama dengan instansi maupun perusahaan untuk menjaring putra putri Simalungun terbaik sebagai SDM yang handal.

Hal itu disampaikan Bupati saat kegiatan PPKB Universitas Simalungun (USI) di Aula Rajamin Purba, Kota Pematang Siantar, Senin (3/10).

Dalam kesempatan itu Bupati juga mengatakan, saat ini banyak investor ke wilayah Simalungun yang nantinya menyerap tenaga kerja.

"Ada pihak PTPN IV yang dimana kita sudah berkomitmen kalau yang akan direkrut adalah masyarakat Simalungun dan Mahasiswa Universitas Simalungun maupun universitas lainnya yang benar-benar ada di wilayah Simalungun," kata Bupati.

Bupati Radiapoh belum lama ini memberangkatkan 100 putra-putri terbaik Simalungun untuk mengikuti program beasiswa di Jerman. Kebanyakan peserta yang ikut punya prestasi yang gemilang.

"Ini semua adalah program saya. Saya sangat senang kalau ada masyarakat Simalungun yang berprestasi. Karena kalian inilah generasi kedepannya untuk membangun Tano Habonaron Do Bona ini," kata Bupati.

Selain itu ada program yang akan kerjasama dengan pihak USI yang akan terlaksana dalam waktu dekat. Nantinya, Mahasiswa akan terlibat mengawal program PKH.

"Dan adapun tujuannya ini agar nantinya penerima bantuan itu benar-benar tepat sasaran dengan bantuan pengawasan dan pendataan dari anak - anak kami mahasiswa," ujarnya.

Mengakhiri arahan, Bupati Simalungun mengajak mahasiswa juga meningkatkan akhlak dan iman. Karena, menurut Bupati, ilmu yang tinggi tak berarti jika akhlak dan iman tidak mendukung.

"Jadi iman dan pendidikan itu harus sejalan. Saya yakin mahasiswa mahasiswi Simalungun lah kedepannya akan membangun Kabupaten Simalungun," tutupnya.

Usai memberikan pengarahan Rektor USI Corry Purba menyematkan hiou ke Bupati Radiapoh sebagai bentuk ucapan terima kasih atas kehadiran Bupati memberikan motivasi kepada Mahasiswa.