SIANTAR, HETANEWS.com - Polres Pematang Siantar akan melaksanakan Operasi Zebra Toba 2022 selama 14 hari terhitung dimulai dari 3 Oktober hingga 16 Oktober.

Adapun tujuan dari operasi zebra toba itu sendiri, bertujuan untuk mengurangi angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, mengurangi angka fatalitas akibat kecelakaan lalu lintas serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

Selain itu target operasi untuk Zebra Toba ini, mengarah kepada pengemudi atu pengendara sepeda motor yang menggunakan ponsel saat berkendara, pengendara atau pengemudi ranmor yang masih dibawa umur.

"Pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu orang, kemudian pengendara maupun pengemudi yang tidak menggunakan helm SNI dan pengemudi yang tidak memasukan safety belt, pengemudi maupun pengendara yang terpengaruh alkohol, pengendara yang melawan arah dan pengemudi dan pengendara yang melebihi batas kecepatan," ucap Kasat Lantas AKP Relina Lumbangaol, Senin (3/10/2022).

Begitupun disampaikan Kapolres Siantar AKBP Fernando, dimana ketika membaca amanat Kapolda Sumut, mengatakan bahwa Operasi Zebra Toba merupakan operask Harkamtibnas bidang lalu lintas yang mengedepankan pre-emtif dan preventi, serta didukung pola menggunakan etle statis dan mobile teguran secara simpatik.

"Untuk itu tingkatkan pengawasan dan pengendalian selama pelaksanaan operasi sehingga dapat mencegah segala bentuk penyimpangan yang bersifat kontra produktif. Jadilah teladan dalam berlalu lintas senantiasa utamakan faktor keamanan dan keselamatan bagi diri sendiri serta masyarakat pengguna jalan lainnya," tutupnya.