HETANEWS.com - Kejutan banyak tersaji dalam seri ke-16 MotoGP 2022. Salah satunya adalah Miguel Oliveira dari tim Red Bull KTM Factory Racing yang sukses memenangkan balapan lintasan basah di Sirkuit Internasional Buriram, Minggu (2/10) sore.

Pembalap yang juga memenangkan MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika pada Maret lalu itu mengungguli duo Ducati, Jack Miller dan Francesco “Pecco” Bagnaia yang melengkapi podium di MotoGP Thailand 2022.

Selain Oliveira menjadi pemenang, kejutan lain adalah juara dunia musim lalu sekaligus pemuncak klasemen musim ini, Fabio Quartararo gagal mendapatkan poin. Pembalap Monster Energy Yamaha itu harus puas finis di urutan ke-17.

Jalannya Balapan

Balapan di Thailand sendiri sempat ditunda karena hujan lebat mengguyur sirkuit Buriram demi menjaga para keselamatan pembalap. Posisi grid terdepan sendiri ditempati oleh rookie dari Money VR46 Racing Team, Marco Bezzecchi yang meraih pole position.

Kemudian disusul oleh Jorge Martin dan Francesco Bagnaia yang start dari P2 dan P3. Balapan pun dimulai dengan kondisi trek basah, di mana Marc Marquez yang start dari P8 merangsek ke P5 di belakang Jorge Martin yang turun dua posisi usai disalip oleh Bagnaia dan Miller yang menguntit di tiga besar di belakang Bezzecchi di lap pertama.

Sementara itu, Fabio Quartararo tercecer turun 11 posisi saat Tikungan 4. Di sisi lain, Alex Marquez secara mengejutkan naik 9 posisi ke P9, atau hanya terpaut dari Johann Zarco yang berada di belakang Marc yang turun ke P7.

Sayang, Luca Marini yang sempat menunjukkan performa apiknya mengalami crash saat di Tikungan 9 di lap kelima sehingga harus mengakhiri balapan lebih cepat.

Jack Miller yang terkenal akan kehebatannya di trek basah pun unjuk gigi, di mana rider asal Australia itu menyalip Bezzecchi dan memimpin balapan.

Miguel Oliveira sempat mengambil alih posisi terdepan, namun kembali disalip oleh Miller. Sementara itu, Aleix Espargaro mendapatkan hukuman penalti karena sempat irresponsible riding terhadap Brad Binder.

Namun tak lama kemudian Miguel Oliveira kembali mengasapi Miller dan terus konsisten mempertahankan kecepatannya di posisi depan. Sedangkan Fabio Quartararo masih berada di posisi buncit di MotoGP Thailand 2022.

Posisi grid depan pun makin sengit di mana saling salip mulai ditunjukkan, termasuk The Baby Alien yang awalnya tercecer di P7 kini naik ke P4 dilap ketujuh.

Momen yang sebelumnya tak pernah terlihat yakni Marquez bersaudara saling bersaing di posisi depan. Tak hanya itu, keduanya juga menunjukkan kehebatannya di trek basah, di mana Marc masih berada di P4 sementara sang adik di P5.

Beberapa lap kemudian sayangnya Alex Marquez tersalip oleh Johann Zarco yang menembus posisi lima besar. Di sisi lain, Quartararo masih terseok-seok di Buriram di mana ia tercecer di P18 setelah kendala di awal lap mengubah keadaan.

Jelang enam lap tersisa, terjadi perebutan posisi ketiga antara Bagnaia dan Marc Marquez dengan sangat ketat. The Baby Alien dalam posisi terjepit, di mana ia juga dibuntuti oleh Zarco yang tampil gemilang.

Satu lap kemudian, Marc Marquez disalip oleh Zarco dan turun ke P5. Tak lama setelah itu, Johann Zarco kembali tampil agresif dan mencoba merebut posisi ketiga dari Francesco Bagnaia namun belum berhasil

Hingga akhirnya Miguel Oliveira keluar sebagai juara, disusul oleh Jack Miller dan Francesco Bagnaia. Sedangkan Fabio Quartararo finis di posisi buncit MotoGP Thailand 2022.

Ini merupakan kemenangan kedua Miguel Oliveira, sebelumnya ia juga meraih podium teratas saat balapan trek basah di MotoGP Mandalika 2022 pada Maret lalu dan para penggemarnya pun menyebutnya sebagai The Rain Master karena jago di wet race.

Sumber: akurat.co