TAPTENG, HETANEWS.com - KM Sinar Harapan karam, di sekitar perairan Pulau Ilir, Kecamatan Muara Batang, Kabupaten Mandailing Natal-Tapanuli Selatan, Sumatra Utara (Sumut), Minggu (2/10/2022). Empat anak buah kapal dilaporkan hilang.

Humas Basarnas Nias Asanimu Waruwu mengatakan, Tim Rescuer Pos SAR Sibolga menerima informasi dari pemilik kapal KM Sinar Harapan GT 5, pukul 08.00 WIB.

Kapal KM Sinar Harapan GT 5 diketahui pada Senin (26/9/2022) berangka dengan empat ABK dari Sorkam Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng).

Kapal hendak menuju perairan pulau Ilir Muara Batang Gadis Mandailing Natal untuk memcari ikan. Pada Jumat (30/9/2022), pukul 11.00 WIB, ABK masih bisa komunikasi dengan keluarga.

"Namun setelah itu, para nelayan disekitar perairan Pulau Ilir menemukan kapal KM Sinar Harapan sudah terbalik dan para nelayan berupaya melakukan pencarian terhadap ABK, tetapi tidak ditemukan," ucap Asanimu Waruhu, Minggu (2/10/2022).

Para keluarga korban juga mencoba menghubungi via handphone, namun sudah tidak aktif. Diduga kapal terkena badai, hingga terbalik pada, Minggu (2/10/2022) sekitar Pukul 8.05 WIB.

Pemilik kapal membuat laporan ke Pos Sar Sibolga untuk meminta bantuan SAR. Komandan Pos SAR Sibolga telah mengerah satu tim Rescue Pos SAR Sibolga untuk melakukan pencarian dan pertolongan terhadap empat ABK.

Sumber: inews.id