SIMALUNGUN - Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga memperingati hari Kesaktian Pancasila di Tugu Letda Sujono. Bupati mengajak generasi muda Simalungun merefleksikan sejarah dengan ikut serta dalam pembangunan.

Usai mengikuti upacara, Bupati Radiapoh turut berziarah sekaligus menyaksikan fragmen yang digelar di Tugu Sudjono yang berlokasi di Afdeling 35 Kebun Bandar Betsy, Nagori Bandar Betsy II, Kecamatan Bandar Huluan, Sabtu (1/10).

Di lokasi itu berdiri miniatur monumen Pancasila Sakti dengan patung tujuh Pahlawan Revolusi. Bupati mengatakan kalau di daerah ini pernah terjadi peristiwa bersejarah.

Di momen peringatan hari Kesaktian Pancasila ini, Bupati Radiapoh mengajak masyarakat khususnya generasi muda merefleksikan nilai nilai sejarah.

"Mari kita bersama-sama bersatu padu bergandengan tangan untuk membangun bangsa yang sangat majemuk ini," kata Bupati usai mengikuti upacara.

"Pancasila adalah ideologi yang luar biasa yang sampai sekarang mampu menyatu padukan suatu bangsa itu dari berbagai suku dan budaya," ucapnya menambahkan.

Bupati juga mengajak generasi muda di Kabupaten Simalungun untuk melanjutkan cita cita pahlawan bangsa dengan falsafah Pancasila dan UUD 1945.

"Yang perlu kita ingat dan pedomankan yang pernah disampaikan pemimpin kita kalau bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa - jasa para pahlawan kita," katanya.

"Artinya kita memperingati hari ini untuk mengenang jasa mereka. Tinggal bagaimana kita merefleksikan dengan cara mengisi pembangunan, khusus di kabupaten Simalungun," ujar Bupati Simalungun.