HETANEWS.com - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Megawati Soekarno Putri memberhentikan Dosmar Banjanahor, atau yang dikenal sebagai Bupati Humbahasdari Jabatan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Humbahas.

Pemberhentian tersebut tertuang dalam Surat Keputusan (SK) nomor : 270/KPT/DPP/IX/2022 tertanggal 26 September 2022, tentang pembebastugasan ketua DPC PDI Perjuangan serta penetapan dan pengesahan Ketua DPC PDI perjuangan Kabupaten Humbang Hasundutan masa bakti 2019-2024.

Sebagaimana yang tertera dalam Surat Keputusan, bahwa adapun alasan penonaktifan Dosmar Banjarnahor sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Humbahas adalah merupakan tindaklanjut surat yang disampaikan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Provinsi Sumatera Utara nomor: 1119/IN/DPD.29-B/III/2022, tertanggal 14 Maret 2022 prihal adanya laporan terkait permasalahan di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Dan bersama Surat Keputusan ini pula, Ketua Umum PDI Perjuangan, IMegawati Soekarno Putri menujuk Wakil Bupati Oloan Paniaran Nababan menjadi Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Humbang Hasundutan menggantikan Bupati Dosmar Banjarnahor untuk periode 2019-2024.

Ketua DPD Provinsi Sumatera Utara, Rapidin Simbolon mengatakan bahwa Dosmar Banjarnahor dinilai melanggar instruksi Ketua Umum selaku pimpinan Partai dengan mengeluarkan kebijakan atau keputusan yang tidak pro rakyat, yakni melakukan pembelian mobil dinas mewah senilai Rp.1,9 M ditengah bencana Covid19 melanda rakyat.

"Sebelumnya tegas disampaikan. Bahwa Ibu Ketua Umum Megawati sudah memerintahkan kepada kader-kader nya yang duduk di pemerintahan, baik sebagai Bupati atau Gubernur. Untuk tidak melakukan pembelian mobil dinas mewah di masa pandemi," kata Rapidin, Jumat (30/9/2022).

Namun kenyataannya, kata Rapidin, Dosmar justru melakukan itu padahal dirinya telah membuat konferensi pers di kantor DPD PDIP sumut untuk tidak melakukan pembelian mobil dinas mewah.

"Tetapi faktanya dia malah membelinya. Dengan katalain dirinya telah berbohong. Oleh karena itu lah kita dari DPD Sumut menyampaikan kepada Ketua Umum agar dilakukan evaluasi terhadap yang bersangkutan," ujar mantan Bupati Samosir itu.

Selain persoalan pembelian mobil dinas mewah, lanjut Rapidin, beberapa permasalahan lain yang terjadi di internal DPC PDIP kabupaten Humbang Hasundutan juga menjadi pemicu pembebastugasan yang Dosmar.

Sementara itu, Oloan Nababan yang ditemui awak media Kamis, (29/9/2022) mengemukakan, dirinya siap memikul tanggung jawab besar yang dipercayakan kepadanya, serta berkomitmen menghantarkan PDI perjuangan sebagai Partai pemenang dalam setiap ajang pesta Demokrasi.

"Pastinya saya siap menjaga kebesaran bahkan membuat lebih besar lagi nama PDIP di Kabupaten Humbang Hasundutan. Dengan menjadi pemenang dalam setiap kontestas politik," kata anggota TNI itu.

Disampaikan nya lagi, dalam hal menindaklanjuti surat keputusan tersebut, pihaknya akan segera menggelar rapat internal untuk mengusulkan penyempurnaan penyesuaian struktur dan komposisi DPC PDI Perjuangan Kabupaten Humbahas periode 2019-2024 berdasarkan pada peraturan DPP PDI Perjuangan Nomor 1 Tahun 2020 tentang struktur dan komposisi DPC, DPLN dan DPD PDI Perjuangan kepada DPP partai untuk selanjutnya ditetapkan melalui surat keputusan.