HETANEWS.com - Tedi Hartedi alias Tedot (25) warga Jalan Melati Lk VI Kelurahan Sinaksak Kecamatan Tapian Dolok, dituntut hukuman 4 tahun penjara disidang Pengadilan Negeri Simalungun, Kamis (29/9/2022).

Jaksa Devica Oktaviniwati menyebutkan jika terdakwa terbukti menganiaya korban Murtik (58) dan merampok handphone Samsung serta sebuah cincin emas korban.

Perbuatan terdakwa dipersalahkan jaksa melanggar pasal 365 ayat (1) KUH Pidana.

Menurut jaksa, perbuatan itu dilakukan terdakwa pada Minggu 26 Mei 2022 pukul 06.30, di dalam rumah korban Murtik yang sekampung dengan terdakwa.

Sore itu korban sedang menyapu halaman rumahnya. Kemudian terdakwa dengan berjalan kaki melintas dari samping rumah korban.

Terdakwa melihat sebuah handphone sedang dicas di dalam kamar lalu mengambilnya.

Saat terdakwa hendak keluar rumah, tiba-tiba korban masuk dan terdakwa bersembunyi di balik tempat tidur kamar korban.

Melihat keberadaan terdakwa dan spontan korban berteriak minta tolong sambil berlari ke arah pintu. Tapi, terdakwa mendorong tubuh korban hingga jatuh telungkup di atas lantai.

Kesempatan itu dimanfaatkan terdakwa mengambil sepotong kayu bakar di halaman rumah korban. Kayu dipukulkan ke bagian kepala korban hingga pingsan.

Melihat korban tak sadarkan diri, lalu terdakwa melucuti sebuah cincin emas di jari manis korban dan mengambil dompet berisi uang Rp 300 ribu kemudian pergi melarikan diri.

Keesokan hari nya, anak korban bernama Zul Prianto setelah mendengar cerita ibunya, melihat terdakwa sedang memakai handphone yang mirip dengan milik ibu saksi.

Saat saksi mencoba mendekatinya, terdakwa langsung melarikan diri dan berhasil ditangkap oleh saksi Zul Prianto. Lalu terdakwa diserahkan ke polisi bersama barang bukti handphone.

Sebuah cincin menurut terdakwa sudah hilang dan uang Rp 300 ribu sudah habis untuk belanja.

Atas tuntutan jaksa tersebut, terdakwa memohon agar hukumannya diringankan hakim. Untuk mendengar vonis majelis hakim, persidangan dipimpin hakim Golom Silitonga dinyatakan ditunda hingga Selasa (4/10/2022) mendatang.