JAKARTA, HETANEWS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan empat sekolah berkonsep net zero carbon atau netralitas karbon di ibu kota. Namun, ternyata bangunan ramah lingkungan ini dikeluhkan oleh siswa sekolah.

Salah satu yang dikeluhkan adalah Sekolah Dasar Negeri (SDN) Ragunan 08, Jalan Harsono, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Sekolah ini juga baru didatangi Anies saat acara simbolis pembukaan sekolah net zero carbon.

Seorang siswa SDN Ragunan 08 berinisial R mengaku kelasnya yang baru ini cukup panas. Selain itu, ia juga merasa ruangannya cukup kecil.

R membandingkan luas ruangan kelas dengan SDN 04 tempatnya belajar selama proses rehabilitasi total SDN 08 berjalan.

"Kelasnya lebih kecil. Iya kelasnya panas," ujar Rangga saat diwawancara di lokasi, Rabu (28/9/2022).

Memang ruangan kelas gedung baru ini cukup panas. Pasalnya, kaca yang dipasang terlalu besar dan membuat pancaran sinar matahari langsung masuk ke dalam kelas.

Tak hanya itu, di dalam kelas juga tak dipasang pendingin ruangan atau AC. Kipas angin yang ada di ruangan itu juga tak dinyalakan.

Meski panas, R mengaku senang dengan gedung baru sekolahnya itu. Menurutnya, desain bangunan dan fasilitasnya yang baru cukup memadai.

"Iya bagus gedungnya. Luas juga," tuturnya.

Siswa lainnya bernama D mengaku tidak kepanasan selama berada di ruangan kelas. Namun, ia menyebut ada teman lainnya yang di ruangan sama merasa kegerahan.

"Aku sih enggak panas. Kalau teman lain ada yang kepanasan."