GUNUNGSITOLI, HETANEWS.com - Melibatkan para akademisi dalam mengambil bagian untuk pengawasan partisipatif menyongsong Pemilu 2024, Bawaslu Propinsi Sumatera Utara dan Bawaslu Kota Gunungsitoli menggelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif dilingkungan Akademik di Universitas Nias - Gunungsitoli, Sabtu lalu (24/09/2022).

Hal ini disampaikan Nur Alia Lase Kordiv PHL Bawaslu Kota Gunungsitoli kepada awak media, Selasa (27/09/2022), bahwa potensi di lingkungan akademik khususnya di Gunungsitoli menjadi salah satu sasaran untuk berbagi informasi terkait pengawasan kepemiluan melalui sosialisasi di Universitas Nias (UNIAS).

Menurut Nur Alia, Sosialisasi itu di inisiasi oleh Bawaslu Propinsi Sumatera Utara dan merupakan yang pertama kali dilakukan di Kepulauan Nias dalam rangka menghadapi Pemilu dan Pemilihan serentak tahun 2024.

"Sosialisasi dihadiri 30 orang peserta utusan dari Mahasiswa dan Dosen UNIAS, bertujuan untuk memperkenalkan dan menjalin kerjasama Pengawasan di Lingkungan Akademik sekaligus memberikan edukasi kepemiluan dan kepengawasan kepada para mahasiswa selaku generasi muda dalam menghadapi Pemilu dan Pemilihan serentak tahun 2024 nanti." ujar Nur Alia kepada awak media.

Selain itu Dia berharap kepada Mahasiswa UNIAS bisa menjadi perpanjangan tangan Bawaslu dalam hal pengawasan partisipatif menghadapi Pemilu 2024 kedepannya.

"Melalui Sosialisasi ini, kita mengajak keterlibatan mahasiswa UNIAS sekaligus mereka mendapat pemahaman dan keberanian dalam berpartisipasi terkait pengawasan pemilu 2024, sehingga bisa menyampaikan kepada siapapun temannya, keluarga dan masyarakat baik di dalam maupun di luar UNIAS," ujar Suhadi.

Hadir dalam sosialisasi sebagai Narasumber Ketua PCNU Gunungsitoli Hamdan Telaumbanua SH, Kordiv PHL Bawaslu Sumut Suhadi S Situmorang sekaligus Korwil Bawaslu 5 Kab/Kota Kepulauan Nias, Pj. Rektor Universitas Nias (Eliyunus Waruwu), Wakil Rektor UNIAS (Adrianus Zega), Pengurus Ikatan Alumni LEMHANAS-RI dan Perwakilan Gereja Katolik (Pastor Posma Manalu), Serta Ketua dan Anggota Bawaslu Kota Gunungsitoli (Endra Polem, Nur Alias Lase & Goozisokhi Zega).