HETANEWS.com - Bantuan Subsidi Upah (BSU) tahap ketiga telah disalurkan kepada rekening pekerja yang telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan. Nilai BSU yang disalurkan sebesar Rp600.000 kepada pekerja/buruh yang memiliki gaji maksimal Rp3,5 juta per bulan. Penyaluran BSU tersebut hanya diberikan sebanyak 1 kali.

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziah akan mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meninjau langsung penyaluran manfaat dari bantuan BSU di Sulawesi Tenggara, hari ini Selasa (27/9).

"Setelah mendapat perintah Bapak Presiden, kami (Kemnaker) langsung menyalurkan BSU 2022 ini. Dan besok rencananya Bapak Presiden akan meninjau langsung penyaluran BSU di Bau Bau dan Buton," kata Menaker Ida Fauziyah dalam keterangan pers Biro Humas, Jakarta, Senin (26/7).

BSU yang diterima kepada para pekerja/buruh akan disalurkan melalui rekening bank himbara yakni, BRI,BTN,Mandiri, BNI dan Bank Syariah Indonesia khusus wilayah Aceh.

Apabila anda tidak memiliki salah satu rekening bank himbara, tak perlu khawatir karena penyaluran BSU dapat diterima melalui Pos Indonesia.

Cara Penyaluran Lewat Pos Indonesia

Penyaluran BSU melalui Pos Indonesia:

1. Pos indonesia melakukan pembukuan rekening Pos Giro secara kolektif untuk seluruh penerima BSU

2. Menyalurkan langsung ke penerima BSU

- Penerima datang langsung ke kantor pos

- Petugas pos datang ke komunitas/perusahaan

- Diantar langsung ke rumah penerima BSU.

Cara Cek Data Penerima

Sementara jika anda masih bingung untuk mengetahui bagaimana cara mengecek penerimaan BSU, penyaluran BSU ini akan diberikan sebanyak satu kali kepada pekerja/buruh. Berikut Langkah Pengecekan Melalui Kementerian Ketenagakerjaan:

1. Kunjungi website kemnaker.go.id

2. Apabila belum memiliki akun, maka Anda harus melakukan pendaftaran. Lengkapi pendaftaran akun. Aktivasi akun dengan menggunakan kode OTP yang akan dikirimkan ke nomor handphone Anda.

3. Login ke akun Anda.

4. Lengkapi profil biodata diri Anda berupa foto profil, tentang Anda, status pernikahan dan tipe lokasi.

5. Setelah itu, Anda akan mendapatkan notifikasi.