JAKARTA, HETANEWS.com - Konstelasi politik di Indonesia makin hangat dengan langkah Partai NasDem yang segera mengumumkan kandidat calon presiden 2024.

Ya, Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh akan mengumumkan koalisi dan capres 2024 pada 10 November 2022 mendatang. Hal itu diungkapkan Bendahara Umum DPP Partai NasDem Ahmad Sahroni.

"Tunggu saja. Koalisi akan diumumkan sama babe gue (Surya Paloh, Red) tanggal 10 November. Kan ada tiga nama. Nanti akan diumumin," ujar Sahroni di RS Toto Tentrem Tebet, Jakarta Selatan, Senin 26 September 2022.

Dia juga enggan membocorkan apakah sudah ada kesepakatan koalisi dengan parpol lainnya. "Tunggu aja tanggalnya sabar ya," imbuhnya.

Wacana terkait koalisi antara NasDem, PKS dan Demokrat menguat belakangan ini.

Terlebih, setelah ada pertemuan antara Presiden PKS Ahmad Syaikhu, Ketua Umum DPP Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ketua Umum DPP NasDem Surya Paloh, Gubernur DKI Anies Baswedan mantan Wapres Jusuf Kalla (JK).

Mereka bertemu di resepsi pernikahan anak politisi NasDem Sugeng Suparwoto beberapa waktu lalu. Terkait rencana koalisi tersebut, Wakil Ketua Umum DPP Partai NasDem Ahmad Ali menjelaskan peluangnya cukup besar.

Kesamaan pandangan ketiga partai diklaim sudah mencapai 80 persen. Namun, bisa jadi rencana koalisi tersebut batal. Sebab, masih ada angka 20 persen. Angka itu sangat menentukan jadi atau tidaknya koalisi.

"Kita ingin membangun koalisi setelah semua clear. Jangan sampai koalisi yang dibangun pecah di ujung karena tidak terjadi kesepakatan tentang figur," kata Ahmad Ali.

Seperti diketahui, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Andika Perkasa menjadi pilihan Partai NasDem untuk menjadi bakal calon residen (Capres) di Pemilu 2024 mendatang.

Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh dalam penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem mengumumkan, jika tiga nama, yakni Anies, Ganjar dan Andika merupakan rekomendasi yang dihasilkan dari Rakernas tersebut.

"Saya akan membuka hasil rekomendasi Rakernas yang ditujukan kepada saya, memutuskan dan menetapkan rekomendasi bakal calon presiden yang akan diusung partai Nasdem pada tahun 2024," kata Surya Paloh di Jakarta pada 17 Juni 2022 lalu.

Ia menyebutkan nama bakal calon presiden. Pertama Anies Baswedan. Kedua Muhammad Andika Perkasa, dan ketiga Ganjar Pranowo.

"Saya ingatkan, tidak ada yang kurang dari tiga nama ini nilainya sama, kualifikasinya sama. Hanya urutan saja yang berbeda, 1, 2, dan 3," terang Surya Paloh.

Menurutnya, dari tiga nama itu hanya satu yang akan ditetapkan sebagai bakal capres dari NasDem. Surya Paloh akan segera menetapkan satu bakal capres yang diusung oleh NasDem.

"Insya Allah, kami tetapkan pada suatu waktu dan tempatnya kami cari hari baik dan bulan baik. Bagi kami tidak ada satu pun hal yang akan membuat mendesak. Aapa pun keputusan kami," tuturnya.

Sumber: disway.id