PARAPAT, HETANEWS.com - Setelah badan jalan Josep Sinaga Kelurahan Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon (Girsip), Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara amblas karena longsor pada Jumat malam (23/09/2022) lalu mengakibatkan arus lalulintas yang melewati jalan tersebut ditutup hingga sekarang.

Masyarakat Parapat meminta kepada Pemerintah Simalungun dan Dinas terkait agar secepatnya mengatasi tanah longsor dijalan wisata tersebut untuk menjaga dampak erosi yang melebar di badan jalan yang bisa menyebabkan jalan akan putus total.

"Mengingat curah hujan akhir akhir ini cukup tinggi kita ragu jalan yang longsor bertambah lebar terkikis air hujan, jadi kalau tidak cepat ditangani akan berdampak putus Jalan Josep Sinaga ini, oleh karena itu, kami masyarakat Parapat meminta supaya Bupati mengambil gerak cepat perbaikan jalan yang longsor," pinta D Sinaga(45) dilokasi, Senin (26/09/2022),

Menurut Sinaga, malam itu curah hujan cukup tinggi dan berlangsung cukup lama, akhirnya tanah pinggiran parit di jalan Josep Sinaga mengalami longsor, dan badan jalan amblas, selain itu pipa air PDAM Tirtalihou Ikut putus.

Sedangkan disampaikan Camat Girsang Sipanganbolon bahwa saat kejadian tersebut tidak ada korban jiwa dan materi namun jalur lalulintas di Jalan Josep dilakukan penutupan hingga sekarang karena tidak bisa dilewati kendaraan roda 4.

"Longsor yang terjadi beberapa hari yang lalu di jalan Josep untuk saat ini kita lakukan penutupan dan menunggu perbaikan dari pihak terkait," ujar Camat Yosua M Simaibang.

Camat menuturkan bahwa telah melaporkan bencana jalan longsor kepada pimpinan, Bupati telah memerintahkan Dinas terkait supaya segera di perbaiki.

"Terkait Jalan yang longsor kami dari Pemerintah Kecamatan Girsip telah melaporkan kepada pimpinan, mudah-mudahan dalam waktu cepat akan di survei dan dilakukan pembangunan dari anggaran biaya tak terduga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Simalungun, Setelah di cek lapangan, Bupati Simalungun telah memerintahkan kepala BPBD agar segera di perbaiki akses dalam jalan lingkar wisata Parapat, supaya dapat dilalui sebagaimana mestinya," ucapnya,

Pihaknya juga telah berkordinasi dengan Polsek Parapat, agar dibuat portal penutup jalan, dan pembatas police line dilokasi Longsor agar masyarakat tidak melewati jalan longsor Josep Sinaga demi keselamatan.

Camat menghimbau agar warga yang berada disekitar longsor agar lebih waspada dan hati hati agar terhindar dari hal hal yang tidak di inginkan.