HETANEWS.com - Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY menghadiri acara Jambore Otomotif Indonesia (JOI) yang digelar di pinggir Pantai Pakkodian Desa Lintong Nihuta, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba, Sumatera Utara (Sumut).

Dalam acara tersebut, AHY mengajak peserta yang hadir untuk merawat alam dengan membersihkan sampah yang berserakan di sekitar Danau Toba.

Sebelum memungut sampah, AHY bersama peserta JOI berolahraga hingga jalan santai sambil menikmati pemandangan Danau Toba.

Setelah jalan santai, Founder Overlanding Indonesia ini mengajak peserta Jambore memungut sampah di sekitar Danau Toba.

"Kebersihan itu sebagian dari Iman. Pantai Pakkadian ini bagian dari Danau Toba. Jadi datang bersih, pulang juga harus bersih," kata AHY dalam keterangan tertulisnya.

Tanpa menggunakan sarang tangan, suami Annisa Pohan ini ikut memungut sampah bersama ratusan peserta Jambore.

Kemudian, AHY dan panitia mengumumkan hasil doorprize yang berhadiah tiga buah tenda kemping dan hadiah utama satu unit sepeda motor.

Diketahui, acara ini berlangsung pada 23 hingga 25 September 2022. Acara dihadiri beragam komunitas pecinta alam, otomotif, dan fotografi dari berbagai daerah di Tanah Air. Mereka camping bersama di lokasi wisata alam Pantai Pakkodian dengan panorama keindahan Danau Toba.

"Ini yang pertamakali dilakukan Overlanding Indonesia secara besar dan ini pertama kali dilakukan di Sumut," kata Ketua Overlanding Indonesia, Renville Antonio.

Tujuan acara ini mempersatukan penikmat alam yang ada di Indonesia, sekaligus menjalin persaudaraan antar sesama pecinta alam.

"Baik komunitas sepeda motor, fotografer, mobil dan lain-lain untuk sama-sama kita camping bareng, kita menikmati alam bareng selama dua malam dan kita bisa silaturahim mempererat tali persaudaraan," kata Renville.

Dalam acara tersebut, peserta yang hadir juga tampak membawa keluarga, istri dan anak tercinta.

"Terkadang menikmati alam itu banyak orang yang senangnya bersama keluarga. Kita komunitas yang menikmati alam, merawat alam, besok juga ada bersih-bersih pantai," katanya.