HETANEWS.com - Unggahan video yang memperlihatkan seorang pria mengaku anggota kepolisian Polda Sumatera Utara (Sumut) disebut mencoba melakukan pemerasan, viral di media sosial.

Video itu salah satunya diunggah akun ini di grup Facebook Viral News, Sabtu (24/9/2022). Disebutkan bahwa pria yang mengaku anggota polisi dari Polda Sumut itu hendak melakukan pemerasan terhadap pedagang.

"Saat pemilik warung meminta identitas pelaku, pelaku tersebut ketakutan dan kabur meninggalkan warung tersebut," demikian keterangan yang dituliskan pengunggah.

Pelaku, lanjut narasi pada unggahan, mengendarai sepeda motor jenis Honda Verza dengan nomor polisi BK 3745 AEW. Pengunggah berharap agar pihak kepolisian segera menyelidiki kejadian tersebut.

"Mohon pihak kepolisian agar dapat melakukan penyelidikan kerena dapat mencoreng citra kepolisian. Tkp = Jalan Seser 3 NO 8 Kuburan, Amplas Medan," tulis pengunggah lagi.

Lantas, seperti apa tanggapan Polda Sumut?

Bukan polisi, tapi pelaku kejahatan

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sumut, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Hadi Wahyudi dapat memastikan bahwa pria tersebut bukanlah anggota polisi.

"Saya pastikan itu bukan polisi, tapi itu pelaku kejahatan," tegas Hadi, ketika dikonfirmasi Kompas.com, Minggu (25/9/2022).

Hadi pun mengapresiasi masyarakat yang merekam kejadian tersebut. Dengan adanya video semacam itu, dapat membantu tugas kepolisian dalam mengusut kejahatan dengan modus serupa.

"Yang memvideokan itu bagus untuk kita bisa mengidentifikasi pelaku-pelaku kejahatan dengan modus mengaku-mengaku polisi," jelasnya.

Namun demikian, agar kejadian itu dapat diungkap, Hadi mengimbau masyarakat untuk melaporkannya. Karena hingga saat ini, lanjutnya, belum ada pihak yang melaporkan kejadian tersebut.

"Silakan laporkan, agar kita bisa mengungkapnya," tandasnya.

Sumber: kompas.com