SIMALUNGUN - Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga temui para pelaku UMKM di sela sela kunjungannya di kawasan Danau Toba Parapat.

Bupati mengajak pelaku ekonomi kreatif itu lebih meningkatkan pelayanan untuk menarik perhatian para wisatawan.

"Agar Kota Parapat ini semakin maju dan semakin banyak diminati para wisatawan kita itu harus lebih meningkatkan dari segi pelayanan. Kita juga harus bersama - sama menjaga kebersihan dan keindahan Parapat ini," ujar Bupati Simalungun kepada para pelaku UMKM di acara Car free day di RTP Dermaga Atsari, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Sabtu (24/9/2022).

Pada kesempatan itu Bupati menikmati kuliner khas Parapat yang disajikan oleh pelaku UMKM. Selain harga, Ia berharap ada inovasi yang lebih menarik dari packaging makanan.

"Harga agar kiranya saling disesuaikan agar para wisatawan puas berkuliner di Parapat. Kalau semuanya sudah selaras dan sesuai para wisatawan juga tidak akan bingung," ujarnya.

Kedepan, Bupati Simalungun berencana untuk menyediakan tempat khusus bagi pelaku UMKM. Upaya itu, kata Bupati, tengah dibicarakan kepada pemilik aset diantaranya PTPN maupun TPL.

Bupati berharap melalui CSR, pihak Bank Sumut agar kiranya membantu para pelaku UMKM yang ada di Parapat.

"Kan kalau sudah ada tempat nya, tidak akan semrawut lagi karena sudah ada tempat khusus bagi para pelaku UMKM. Jadi tidak memakan badan jalan lagi," ujarnya,