JAKARTA, HETANEWS.com - Pelaku industri musik Indonesia memulai gerakan global untuk menyebarkan kesadaran dan memperkuat isu prioritas di Kepresidenan G20 Indonesia melalui Music20 (M20).

Adapun Kepresidenan G20 Indonesia yang puncaknya akan digelar di Bali pada pertengahan November 2022 membawa empat isu utama, yaitu Arsitektur Kesehatan Global, Transisi Energi, Transformasi Ekonomi Digital, dan Krisis Pangan.

Dalam hal transisi energi hijau, penggiat musik juga dapat berkontribusi dalam mengurangi emisi dengan mengedepankan pelaksanaan konser dan distribusi hasil karya yang rendah emisi.

Tak kalah penting, musik adalah sarana yang sangat kuat untuk mencanangkan kesadaran masyarakat dunia atas pentingnya empat isu yang dibawa Kepresidenan G20 Indonesia.

Sementara untuk rangkaian M20 agendanya antara lain mendorong transformasi digital di industri musik yang adil dan inklusif, membuat kesejahteraan para musisi dan pekerja ekonomi kreatif, dan membuka akses pasar untuk musik sebagai kegiatan ekonomi, pembelajaran musik.

Selain itu juga mendorong konser yang rendah emisi dan ramah komunitas, serta mendorong insan musik untuk melakukan gerakan menyebarkan kesadaran akan keempat isu prioritas.

Rangkaian M20 sendiri akan terdiri dari tiga acara, yaitu pre-event 1 pada 30 September 2022 yang digelar secara daring dan di YouTube, pre-event 2 pada 14 Oktober secara daring, dan puncaknya berupa M20 Summit yang digelar hybrid di TMII Jakarta.

Pada M20 Summit, akan ada pembacaan hasil rangkuman bagaimana industri musik mendukung keempat isu yang dibawa di G20. Selain itu, sebuah pertunjukan musik juga akan digelar di hari tersebut.

Sumber: cnbcindonesia.com