JAKARTA, HETANEWS.com - Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan Kementerian BUMN serius dan secara terus-menerus melakukan transformasi di tubuh BUMN. Upaya nyata dilakukan dengan meningkatkan kapabilitas dan wawasan insan hukum BUMN sebagai bagian dari pengembangan talenta.

"Transformasi BUMN tidak bisa lepas dari adanya transformasi fungsi hukum BUMN sebagai garda terdepan yang bertugas memberikan pengawalan, masukan, dan pertimbangan hukum khususnya terhadap manajemen dalam mengambil setiap keputusan untuk perusahaan. Dengan demikian setiap keputusan yang diambil oleh manajemen BUMN senantiasa selaras dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan prinsip Good Corporate Governance (GCG)," ujar Erick Thohir dalam acara BUMN Legal Summit 2022 dikutip dari keterangan tertulis, Jumat, 23 September 2022.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menjelaskan, hingga saat ini BUMN terus bertransformasi agar lebih efisien sehingga BUMN bisa memberikan kontribusi kepada negara.

Untuk itulah, langkah-langkah hukum untuk menindak penyelewengan dan segala macam pelanggaran yang terjadi di tubuh BUMN sangat diperlukan untuk mencegah terganggunya flow sumbangsih dari BUMN untuk perekonomian dan kondisi keuangan negara.

"Untuk melakukan pembangunan hukum nasional harus memiliki tiga pilar yaitu legal substain, legal structure, dan legal culture. Oleh sebab itu, para pelaku bisnis terutama BUMN tidak perlu takut dalam bermanuver untuk melakukan transformasi perusahaan selama memiliki iktikad baik dan terus memperhatikan keberadaan hukum di Indonesia," imbuhnya.

BUMN Legal Summit 2022 digelar oleh Kementerian BUMN bekerja sama dengan Forum Hukum BUMN yang dilaksanakan pada 22-23 September 2022 di Bali.

Mengusung tema 'Building Stronger Foundation for Growth', forum tahunan ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk membangun fondasi fungsi hukum BUMN yang semakin kuat dalam mendukung pertumbuhan dan transformasi BUMN.

Acara ini sendiri dilaksanakan sejumlah rangkaian kegiatan yang diikuti oleh insan hukum BUMN dan anak perusahaan BUMN, di antaranya arahan pemangku kepentingan strategis mengenai arah kebijakan dan transformasi BUMN sebagai panduan bagi seluruh insan hukum BUMN, Sharing Session, serta sesi Inspirational Talk.

Deputi Bidang Hukum dan Perundang-Undangan Kementerian BUMN Carlo B. Tewu menyampaikan tujuan utama BUMN Legal Summit adalah untuk menyiapkan insan hukum BUMN dan anak perusahaan BUMN dalam mengawal dan terlibat lebih aktif dalam proses transformasi BUMN.

BUMN Legal Summit tahun ini sendiri mengangkat proses berkesinambungan pengembangan insan hukum BUMN dan anak perusahaan BUMN. Menurutnya, pengembangan kompetensi dan kepemimpinan insan hukum BUMN membutuhkan waktu yang tidak sebentar sehingga harus terus ditingkatkan.

"Kami juga berharap ke depannya Forum Hukum BUMN dan para Direksi BUMN dapat mengawal dan berperan aktif dalam upaya peningkatan kompetensi insan hukum di perusahaannya masing-masing," pungkas Carlo.

Sumber: medcom.id